Sukses


Nasib Mantan Pelatih Arema Ditentukan FAM Akhir Bulan Ini

Bola.com, Jakarta - Sosok Robert Rene Alberts tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola Indonesia, khususnya kalangan fans Arema. Pelatih asal Belanda ini sukses mengantar Singo Edan menjuarai ISL 2010.

Robert Rene Alberts kini sedang menanti kepastian dari Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM). Seperti dikutip di Bernama, Senin (4/1/2016), ia disebut-sebut masuk jadi calon pelatih timnas senior Malaysia.

Walau FAM belum bersedia mengungkapkan siapa saja kandidat itu, media massa di Negeri Jiran ramai memberitakan bila Robert Rene bersaing dengan Ong King Swee (pelatih timnas U-23 Malaysia sekaligus caretaker pelatih timnas senior Malaysia) dan mantan pelatih Johor Darul Ta'zim, Bojan Hodak, untuk duduk di kursi panas pelatih Harimau Malaysia.

Keputusan siapa diantara ketiga kandidat itu yang resmi terpilih sebagai pelatih anyar Harimau Malaysia akan diumumkan FAM akhir bulan ini. 

"Saya tak bisa mengungkapkan berapa banyak kandidat yang kami pilih, tapi sejauh ini yang bisa saya sampaikan, sesi wawancara akan dilakukan pada pertengahan Januari ini dan kemungkinan besar pelatih baru timnas akan diumumkan akhir Januari," kata Wakil Presiden FAM, Datuk Abdul Mokhtar Ahmad.

Abdul Mokhtar menambahkan sesi wawancara dengan kandidat akan dilakukan oleh gugus tugas khusus yang diketuai oleh dirinya, sebelum keputusan final dibuat.

Meski menutup rapat siapa saja kandidat itu, Abdul Mokhtar memberi sinyal bila pihaknya akan lebih memprioritaskan pada calon yang dianggap memiliki lebih banyak pengalaman dengan sepak bola lokal Malaysia.

"Mekanisme wawancara seperti ini sebelumnya sudah diterapkan saat pemilihan pelatih timnas U-23," lanjut Abdul Mokhtar.

Sosok Robert Rene bisa jadi memenuhi kriteria itu, lantaran pelatih yang kini berumur 61 tahun itu pernah membawa Kedah FA menjuarai Piala Malaysia 1993. Setelah itu Alberts pernah pula duduk di jabatan Direktur Teknik FAM pada 2007-2009. 

Nama Robert Rene Alberts sempat mencuat lagi di sepak bola Indonesia setelah dikabarkan jadi kandidat pelatih Persija Jakarta untuk musim 2015. Hanya, kabar itu hanya sebatas rumor karena tim Macan Kemayoran akhirnya memilih Rahmad Darmawan. 

Belakangan mantan pelatih PSM Makassar itu disebut bakal kembali ke Juku Eja. Ia jadi salah satu kandidat pelatih PSM untuk sejumlah turnamen pada 2016. Namun, bila terpilih melatih timnas Malaysia, dipastikan Robert Rene Alberts tak akan kembali berkiprah di sepak bola Indonesia untuk sementara waktu. 

Video Populer

Foto Populer