Sukses


Diambil Alih Achsanul Qosasi, PBR Resmi Ganti Nama Jadi MU

Bola.com, Jakarta - Kabar mengejutkan datang dari Persipasi Bandung Raya (PBR). Klub milik pengusaha asal Bandung, Ari Sutedi tersebut resmi dilego ke politisi asal Madura, Achsanul Qosasi. Klub tersebut berganti nama menjadi Madura United FC.

Kabar perubahan nama PBR mencuat ke permukaan dengan munculnya poster yang isinya ajakan ke penggila sepak bola Madura untuk mendukung Madura United. Konfirmasi soal pengambilalihan PBR disampaikan langsung oleh Achsanul Qosasih, yang dikontak bola.com pada Jumat (22/1/2016) malam.

"Ya kabar soal itu benar, tapi jangan sebut mengambil alih. Prinsipnya saya ingin membantu PBR yang kesulitan pendanaan. Di sisi lain saya orang sepak bola juga gemas ingin kembali terjun ke dunia yang saya cintai setelah setahun absen," ungkap Achsanul yang mantan anggota DPR RI dari Partai Demokrat.

Pada 2012, Achsanul sempat jadi pembina Persepam Madura United (PMU). Klub tersebut sempat mentas di kompetisi ISL selama dua musim sebelum degradasi pada 2014 silam dan Achsanul memilih menepi dari PMU.

"Begitu saya mundur, saya melihat sepak bola Madura kembali mati suri. Masyarakat yang tadinya terhibur dengan kehadiran PMU kehilangan hiburan karena klub kurang eksis di bawah manajemen baru. Saya mempunyai niat kembali menghidupkan euforia dan pembelian PBR jadi solusi. Madura kini memiliki lagi klub yang berlaga di kasta utama," ujar mantan Bendahara PSSI tersebut.

Meski belum ada kepastian pelaksanaan kompetisi, Achsanul Qoasasi dkk. langsung bergerak cepat membangun tim. Ia menggaet Gomes Oliviera sebagai pelatih kepala. Nakhoda asal Brasil tersebut sebelumnya menukangi Persiwa Wamena dan Persela Lamongan.

"Kami akan ikut sejumlah turnamen yang akan diselenggaran dalam waktu dekat," kata Achsanul.

PBR dua musim terakhir terjebak masalah finansial akut. Klub yang merupakan hasil merger Pelita Jaya-Bandung Raya harus pindah markas dari Bandung ke Bekasi karena kesulitan menggaet massa suporter. Publik Bandung lebih memilih menyokong Persib Bandung.

Perpindahan markas ke Bekasi juga diiringi merger dengan klub Persipasi Bekasi. Sayang merger tersebut akhirnya dibatalkan karena pihak Persipasi tidak menepati janji menyiapkan dana buat menopang pembiayaan klub.

"Saya belum bisa bicara banyak. Tolong tanyakan saja ke Pak Tri Goestoro. Pada beberapa hari ke depan akan ada pengumuman dari manajemen," ungkap Sekretaris Persipasi Bandung Raya, Richie Kurniawan.

Video Populer

Foto Populer