Sukses


Paulo Camargo: Saya Amat Ingin Samsul Arif Membela Persija

Bola.com, Depok - Pelatih Persija Jakarta, Paulo Camargo, merasa terkesan dengan sambutan yang diberikan pemain, dan fans Macan Kemayoran. Menurutnya, mereka menerima dirinya dengan terbuka, sehingga ia bersemangat untuk memberikan gelar buat tim tersebut.

Arsitek asal Brasil itu memulai debutnya sebagai arsitek tim pada Sabtu (20/2/2016). Bagi Camargo, sepak bola Indonesia bukanlah hal yang baru, sebab ia pernah menukangi klub Persibo Bojonegoro, dan Tangerang Wolves beberapa tahun lalu.

Berikut petikan wawancara bola.com dengan nakhoda yang pernah menempa Ricardo Kaka di klub Sao Paulo tersebut:

Bagaimana Anda melihat kondisi sepak bola di Indonesia?

Indonesia harus memberikan perhatian kepada pemain muda, karena mereka membutuhkan jam terbang agar bisa mempuyai kemampuan yang lebih baik.

Semua aspek perlu diperhatikan karena bila Indonesia tidak mempunyai kemampuan pemain, pelatih, dan akademi yang kurang baik maka sepak bola tidak akan mungkin berkembang, alias jalan di tempat. Jadi semuanya harus mendukung agar pesepak bola Indonesia bisa baik, baik pemerintah, stakeholder, dan juga PSSI.

Apa alasan Anda kembali lagi ke Indonesia, mengingat negara ini sedang di sanksi?

Saya dihubungi langsung oleh Mr. Ferry Paulus (Presiden Persija) katanya tim ini membutuhkan pelatih. Lalu saya jawab iya saya akan datang. Klub ini merupakan klub yang besar sehingga saya mau melatih klub ini. Soal konflik saya tidak terlalu ambil pusing. Pekerjaan saya melatih tim sepak bola, jika ada klub yang menawari pekerjaan menantang dengan senang hati saya menerimanya. Kebetulan pun saya sedang tidak terikat kontrak dengan klub manapun.

Skuat Persija sekarang diisi banyak pemain muda, bagaimana menurut Anda?

Pemain muda di Persija bagus-bagus. Tetapi mereka butuh waktu panjang dan terus berlatih agar menjadi sukses. Saya ingin memaksimalkan kemampuan mereka dalam rencana pembentukan tim ke depannya.

Bagaimana kans Persija di Piala Bhayangkara?

Mungkin saja tim ini bisa menjadi juara. Tapi butuh waktu yang cukup untuk mempersiapkan tim agar bisa bermain bagus. Para pemain Persija sudah lama tidak latihan, maka butuh latihan terus menerus untuk mencapai hasil yang baik.

Siapa pemain Indonesia yang Anda sukai?

Saya suka dengan Syamsul Arif, karena saya pernah bekerja sama dengannya beberapa waktu lalu. Saya tahu benar dengan kemampuan dia, dan dia adalah penyerang hebat yang ada di Indonesia. Saya masih berharap ia bisa menjadi bagian dari Persija, walau saya tahu saat ini Samsul bergabung di Persib Bandung.

Bagaimana pandangan Anda soal sanksi FIFA yang kini jatuh ke Indonesia?

Soal sanksi FIFA saya berharap semoga segera dicabut. Bila sanksi sudah tidak ada dan liga kembali bergulir pasti bagus untuk Indonesia. Mengingat orang Indonesia sangat gila dengan sepak bola. Saya melihat Bandung, Surabaya, dan Jakarta, fanatisme penonton luar biasa. Stadion selalu penuh sesak dipenuhi suporter yang ingin memberikan dukungan ke klub kesayangan mereka.

Video Populer

Foto Populer