Sukses


Keunikan PSS di Bali Island Cup 2016

Bola.com, Denpasar - PSS Sleman menjadi tim yang paling unik selama berlangsungnya turnamen Bali Island Cup (BIC) 2016. Tim berjulukan Elang Jawa itu melakoni tiga pertandingan tanpa didampingi satu pun staf pelatih.

Sejak laga pertama melawan Persib Bandung, PSS hanya didampingi manajer, wakil manajer, sekretaris, masseur, dan dua orang kitman. Alhasil, manajer tim, Arief Yuli Wibowo, yang akhirnya jadi pelatih dadakan.

Berbekal kemampuan taktikal seadanya, Arief setia mendampingi pemain PSS dari sisi lapangan. Ia menggantikan peran pelatih Herry Kiswanto yang dilarang ambil bagian oleh panpel BIC 2016 karena adanya sanksi larangan terlibat aktif dalam kegiatan sepak bola di lingkungan PSSI seumur hidup yang dijatuhkan PSSI.

Sanksi itu dijatuhkan karena Herkis terlibat skandal sepak bola gajah bersama PSIS Semarang pada babak 8 besar Divisi Utama musim 2014. Saat itu, skor 3-2 di laga itu seluruhnya tercipta dari gol bunuh diri pemain kedua tim.

"Kami dapat surat dari panpel yang meminta orang-orang yang kena sanksi tidak ambil bagian dari BIC 2016. Maka itu, selama BIC 2016, PSS tidak didampingi satu pun pelatih saat pertandingan berlangsung," kata Arief.

"Saya sesekali berperan sebagai pelatih di pinggir lapangan. Ya, saya hanya mencoba memberi arahan ke pemain. Tentu ini bukan hal yang biasa," ia menambahkan seraya tersenyum.

Kapten PSS, Kristian Adelmund, mengakui tidak adanya pelatih membuat segalanya berjalan lebih sulit buat dirinya dan rekan setim. Sambil berseloroh, bek asing asal Belanda ini pun mengungkapkan bahwa dirinya mengemban tiga jabatan sekaligus, yakni kapten tim, pelatih, dan juga manajer tim. "Ya, saya jadi harus bisa melakukan itu semua," ucap Adelmund.

"Ketiadaan pelatih membuat kami sulit mencari solusi saat pertandingan berjalan. Setidaknya, bisa memberikan masukan apa saja yang harus kami lakukan."

Di Bali Island Cup 2016, PSS harus puas menjadi juru kunci klasemen karena hanya mengoleksi satu poin. PSS takluk 2-4 dari Persib, 2-5 dari Arema Cronus, dan imbang 1-1 dengan Bali United.

Video Populer

Foto Populer