Sukses


3 Pemain Arema yang Dipinjamkan tapi Tak Kembali

Bola.com, Malang - Keputusan Arema Cronus melepas Ahmad Bustomi dengan status pinjaman ke Madura United cukup mengejutkan. Tak sedikit Aremania yang mengkritik manajemen dan pelatih Milomir Seslija karena Bustomi merupakan ikon Singo Edan.

Aremania menilai Milo Seslija tak memberi kesempatan bermain kepada Bustomi setelah lama dibekap cedera. Milo beralasan, Bustomi masih ragu-ragu saat berduel akibat trauma. 

Kepindahan Bustomi ke Madura United mengingatkan Aremania kepada bek asal Spanyol, Kiko Insa. Kiko yang awalnya dikontrak lima tahun dilepas dengan status pinjaman ke Bali United. Di Bali United, masa depan Kiko tak lama. Dia tersingkir karena dinilai minim kontribusi pada putaran pertama TSC 2016. 

Sejak 2012 hanya ada dua pemain pinjaman yang ditarik kembali. Dia adalah Ahmad Alfariz dan Ahmad Nufiandani. Alfarizi pernah dipinjam Persija Jakarta selama setengah musim saat dilatih Benny Dollo. Sementara, Nufiandani kembali ke Arema Cronus setelah memperkuat PS TNI.

Nah, siapa saja para pemain yang tidak kembali dari masa peminjaman itu? Berikut daftarnya:

2 dari 4 halaman

Safee Sali

Striker asal Malaysia ini sempat memperkuat Arema Cronus di ajang uji coba melawan Timnas Indonesia versi KPSI pada 6 Oktober 2012. Tampilnya Safee membela Arema di laga itu berujung peringatan keras dari Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) lantaran ketika itu sepak bola Indonesia sedang kacau akibat dualisme PSSI dan kompetisi terbagi dua.

Safee Sali lantas langsung dipinjamkan manajemen Arema ke klub Malaysia, Johor Darul Takzim. Waktu itu, striker yang membuka warung makan masakan Padang di Malaysia ini masih menyisakan kontrak berdurasi satu tahun di Singo Edan. Namun, hingga masa kontraknya rampung, dia tidak kembali dan dipermanenkan oleh klub juara Piala AFC 2015 itu.

Perlu diketahui, Safee bergabung ke Arema bersamaan dengan meleburnya skuat Pelita Jaya ke Arema pertengahan 2012, saat era kepelatihan Rahmad Darmawan. Bisa dikatakan dia adalah pemain bintang paling singkat yang pernah memperkuat di tim Singo Edan. 

3 dari 4 halaman

Yandi Sofyan Munawar

Di pengujung 2013 Yandi Sofyan Munawar dipinjamkan Arema Cronus ke klub peserta A-League, Brisbane Roar. Salah satu penyebab peminjaman itu karena minimnya kesempatan bermain yang dimiliki Yandi di bawah pelatih Rahmad Darmawan.

Arema mendatangkan Yandi dari klub Belgia, CS Vise, dan menerima limpahan kontrak hingga April 2014. Adik kandung Zaenal Arief ini menjalani masa peminjaman di Brisbane selama satu tahun.

Di pengujung 2014 dia kembali ke Indonesia, tetapi dia tidak kembali ke Arema, melainkan direkrut Persib Bandung pada awal 2015. Alasan ketika itu, Yandi ingin lebih dekat dengan keluarganya di Garut, Jawa Barat.

4 dari 4 halaman

Victor Igbonefo

Bek naturalisasi kelahiran Nigeria, Victor Igbonefo, pernah jadi bek tangguh Arema musim 2013 hingga medio 2015. Sebenarnya mantan pemain Persipura Jayapura ini masih punya kontrak dengan Arema hingga 2016.

Namun, setelah PSSI disanksi FIFA dan kompetisi tak kunjung bergulir, dia dipinjamkan ke klub Thailand, Osotspa FC, pada pertengahan 2015 hingga akhir 2015. Setelah setengah musim main di Negeri Gajah Putih, dia bisa saja kembali memperkuat Arema.

Tetapi, justru masa peminjaman Victor berlanjut ke klub lain Thailand, Navy FC, hingga satu musim ke depan. Artinya, mantan bek Timnas Indonesia itu meninggalkan Malang hingga kontraknya di Arema selesai.

Victor sempat menjabat kapten tim Arema pada tahun 2015. Hanya, dia terpaksa meninggalkan Singo Edan bukan karena masalah nilai kontrak melainkan murni kebutuhan tampil di kompetisi reguler.

Video Populer

Foto Populer