Sukses


Statistik Aksi Brilian Tarik Boschetti di Borneo FC

Bola.com, Jakarta - Pusamania Borneo FC (PBFC) mencatat sejarah dengan menjuarai kompetisi pertamanya di ajang Piala Gubernur Kalimantan Timur (PGK) 2016, MInggu (13/3).

Menghadapi Madura United di partai puncak, gol tunggal Ponaryo Astaman di babak pertama perpanjangan waktu menjadi penentu kemenangan tim Pesut Etam.

Keberhasilan PBFC tidak lepas dari hadirnya pemain-pemain baru dalam skuat asuhan Basri Badussalam dan Iwan Setiawan. Di antara punggawa anyar yang baru bergabung di awal tahun ini, nama Tarik Boschetti patut dikedepankan sebagai kunci keberhasilan PBFC.

Beroperasi di jantung permainan, Boschetti tampil lugas dan efisien sebagai gelandang jangkar. Turun dalam 6 pertandingan (termasuk 2 laga berdurasi 45 menit di semifinal), pemain asal Brasil ini mencatat 36.4 kali operan sukses per pertandingan dengan akurasi 78%. Ia mampu menjadi jembatan antara lini bertahan dan lini serang dengan baik.

Pemain bernomor punggung 6 ini memang tidak mencetak gol, namun ia cukup berperan dalam menciptakan peluang. Tercatat, Boschetti menciptakan setidaknya 1 peluang bagi rekannya untuk mencetak gol di tiap pertandingan.

Boschetti juga berperan penting dalam keberhasilan PBFC mencatat 5 clean sheet dari 6 laga. Kerap bertarung di lini tengah, Boschetti mencatat angka unggul duel udara sebesar 81%. Angka tersebut hanya kalah dari Ricardo Salampessy (87%), dan unggul atas Ponaryo Astaman (74%) dan Leo Tupamahu (76%).

Eks pemain Atletico Paranaense yang juga bisa bermain sebagai bek tengah ini juga mencatat 3 kali tekel sukses per pertandingan dengan persentase sukses 53%, dan 1.6 kali intersep per laga.

Kepiawaian Boschetti dalam mengawal lini tengah mampu dimanfaatkan oleh para pemain menyerang untuk berkreasi dan melakukan improvisasi. Terens Puhiri dan Arpani mampu bermain lepas dan agresif, sehingga keduanya dipilih sebagai Pemain Terbaik dan Pemain Muda Terbaik di kompetisi ini.

Borneo FC dan Boschetti punya modal yang baik sebelum mengarungi Piala Bhayangkara dan Indonesia Soccer Competition. Mampukah pemain berusia 23 tahun ini mengantar PBFC berprestasi lebih baik di kompetisi-kompetisi selanjutnya? Patut ditunggu aksi-aksi selanjutnya dari Tarik Boschetti.

Video Populer

Foto Populer