Sukses


    Prediksi Semen Padang Vs PSM: Seri atau Selamat Tinggal

    Bola.com, Padang - Duel tim beda pulau tentu sangat dinanti karena kedua tim sudah pasti menampilkan ciri khas permainan dari daerah asal. Itulah yang kemugkinan akan tercipta di laga kedua pekan perdana Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo antara Semen Padang melawan PSM Makassar di Stadion H. Agus Salim, Jumat (29/4/2016).

    Sebagai tuan rumah, sudah pasti Semen Padang ingin meraih hasil yang maksimal. Apalagi beberapa waktu lalu, pemain diforsir dengan latihan fisik, taktik dan strategi. Dalam pembentukan tim, Semen Padang juga telah melakoni seluruh tahapan termasuk melakukan sederet uji coba yang hasilnya cukup menjanjikan. 

    Nilmaizar menginginkan anak-asuhnya menyajikan penampilan terbaik di hadapan publik sendiri.“Saya telah minta kepada pemain untuk habis-habisan, sebab laga pertama sangat menentukan. Para pemain menyanggupinya dan bakal all-out pada pertandingan perdana nanti," jelas mantan pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2012 saat dikontak bola.com pada Kamis (28/4/2016).

    Vendry Mofu, motor permainan di lini tengah Semen Padang. (Bola.cm/Vitalis Yogi Trisna)

    Kondisi skuat Semen Padang sendiri saat ini boleh dibilang dalam kondisi siap tempur. Hanya ada dua pemain yang tidak dalam kondisi 100 persen karena cedera, yakni Fandry Imbiri dan kapten tim, Hengky Ardilles.

    Pada duel kontra Juku Eja nanti Nilmaizar menurunkan starter terbaiknya. Jandia Eka Putra di posisi penjaga gawang, Hengki Ardiles, Cassio de Jesus, Handi Ramdan dam Novan Setya Sasongko pengisi slot kuartet pemain belakang.

    Sementara di sektor tengah Riko Simanjuntak, Vendry Mofu, Diego Santos, dan Irsyad Maulana, bakal jadi andalan. Untuk pos lini depan, Semen Padang diprediksi ditempati Marcel Sacramento dan M. Nur Iskandar. Komposisi susunan pemain model ini berulangkali dipertontonkan sang mentor pada sejumlah laga uji coba yang dihelat di Padang, Madura, dan Solo.

    Tekanan berat dirasakan kubu lawan, terutama ke figur Luciano Leandro. Sang pelatih PSM diwajibkan membawa oleh-oleh minimal satu poin dari Ranah Minang.

    Arsitek asal Brasil tersebut tengah disorot seiring hasil buruk yang dituai Tim Juku Eja di dua turnamen Trofeo Persija dan turnamen segitiga Makassar.

    Walau tertekan, Luciano mencoba tetap optimistis. "Relaks saja. Saya sudah berbicara dengan pemain. Hasilnya kami sepakat tidak ingin kalah di Padang," ujar Luciano.

    Menurut Luciano, memang tidak mudah mengalahkan Semen Padang di kandangnya. Apalagi, skuat Nilmaizar telah lama tampil bersama dan mengikuti sejumlah turnamen dan ujicoba lebih banyak dari PSM.

    Rizky Pellu, administrasi perpindahan sudah beres. Ia bisa membela PSM pada laga perdana Torabika SC 2016. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

    "Tapi kami tidak takut. Apalagi materi PSM tidak kalah dengan SP," papar Luciano.

    Absennya penyerang sayap Rahmat Syamsuddin yang tidak dibawa ke Padang tidak membuat Luciano risau. Pasalnya, tiga tombak andalan PSM, Ferdinand Sinaga, Alez Silva dan Lamine Diarrasouba dalam kondisi fit. Mereka akan jadi tumpuan serangan Juku Eja lewat formasi 4-3-2-1.

    "Ketiganya saya minta fokus menyerang. Sementara itu, tujuh pemain lainnya bertugas mengamankan pertahanan PSM," jelas Luciano.

    Luciano menambahkan, dua dari tujuh pemain itu yakni Syamsul Chaeruddin dan Rizky Pellu bertugas ganda. Selain membantu pertahanan, keduanya jadi 'jembatan' antara lini belakang dan depan.

    "Satu gelandang lainnya, Ardan Aras berperan sebagai jangkar dan berdiri depan stoper," papar Luciano.

    Pelatih asal Negeri Samba yang amat mengenal karakter permainan sepak bola Indonesia tersebut yakin bila pemainnya bermain normal, target minimal satu poin di Padang tercapai. "Suasana tim amat kondusif. Manajemen sangat memperhatikan kondisi pemain. Jika hati mereka senang saya yakin kami bisa menggebrak di Padang."

    Pernyataan Luciano dibenarkan kapten Syamsul Chaeruddin. Pelanggan Timnas Indonesia pada pertengahan tahun 2000-an ini menegaskan dia dan rekan-rekannya bakal tampil mati-matian agar PSM tidak kalah. "Meraih poin di laga perdana bisa berdampak positif buat tim. Kami juga percaya Coach Luciano sudah menyiapkan strategi khusus untuk mewujudkan target itu," kata Syamsul Chaeruddin.

    PSM Makassar kian percaya diri karena Rizky Pellu, status kepindahannya dari Mitra Kukar sudah disahkan administrator kompetisi. Gelandang asal Tulehu, Maluku, tersebut diharapkan bisa jadi poros penghadang agresivitas sisi penyerangan Semen Padang.

    Prakiraan Pemain:

    Semen Padang (4-4-2): Jandia Eka Putra (Kiper); Hengki Ardiles, Cassio de Jessus, Handi Ramdan, Novan Setya Sasongko (Belakang); Riko Simanjuntak, Vendry Mofu, Diego Messias, Irsyad Maulana (Tengah); Marcel Secramento, M. Nur Iskandar (Depan)

    Pelatih: Nilmaizar

    PSM Makassar (4-2-3-1): Dimas Galih (Kiper); Hendra Wijaya, Jajang Nurjaman, Boman Aime, Valentino Telaubun (Belakang);  Syamsul Chaeruddin, Ardan Aras, Rizky Pellu; Alex Silva, Ferdinand Sinaga (Tengah); Lamine Diarrasouba (Depan)

    Pelatih: Luciano Leandro

     

     

    Video Populer

    Foto Populer