Sukses


Ranking FIFA: Filipina Makin Jauh Tinggalkan Indonesia

Bola.com, Jakarta - FIFA pada Kamis (5/5/2016) merilis peringkat FIFA terbaru untuk timnas putra. Sesuai informasi yang termuat dalam situs resmi FIFA, peringkat 1-50 tidak mengalami perubahan dari bulan lalu.

Hal itu berarti Argentina masih berada di peringkat pertama, disusul peringkat dua hingga 10 masing-masing adalah Belgia, Cile, Kolombia, Jerman, Spanyol, Brasil, Portugal, Uruguay, dan Inggris.

Dari daftar 50 besar itu, Konfederasi Sepak Bola Eropa (UEFA) menyumbang 30 negara, Konfederasi Sepak Bola Amerika Selatan (CONMEBOL) delapan tim,  Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF) tujuh negara, Konfederasi Sepak Bola Amerika Utara dan Tengah dan Karibia (CONCAFAF) tiga tim, serta Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) menyumbang dua negara. 

Catatan mengejutkan dicapai Filipina. Negara yang pernah "tidak ada apa-apanya" dibandingkan dengan sepak bola Indonesia ini makin perkasa di pentas sepak bola dunia. Setidaknya hal ini diukur dari peringkat FIFA mereka yang berada di peringkat ke-115 atau naik satu peringkat dari bulan lalu.

Peringkat itu jadi pencapaian terbaik Filipina, yang masyarakatnya lebih menggemari basket dan tinju, sejak jadi anggota FIFA pada 1930.

Ranking Filipina ini pada bulan ini bahkan melewati Thailand, yang menduduki ranking ke-119 atau tak beranjak dari posisi bulan lalu. Praktis, Filipina jadi negara dengan peringkat tertinggi untuk negara di kawasan Asia Tenggara.

Setelah Filipina dan Thailand, Vietnam menyusul di urutan ke-145, Singapura (148), Myanmar (167), Malaysia (174), Timor Leste (175), Laos (176), Kamboja (183), dan Brunei Darussalam (195).

Lantas di manakah posisi Indonesia? Untuk bulan ini peringkat Timnas Putra Indonesia tidak berubah dibandingkan bulan lalu, yakni masih tertahan di urutan ke-185.

Indonesia bersaing dengan Bhutan yang berada di peringkat ke-186 serta Fiji yang ada di urutan ke-183. Dua negara itu bukanlah negara yang akrab dengan sepak bola. Bahkan, peringkat Kamboja, yang secara tradisi jauh di bawah Indonesia, untuk kali ini mengungguli Indonesia.

Belum diangkatnya sanksi pembekuan oleh FIFA akibat belum tuntasnya konflik PSSI-Kemenpora membuat peringkat FIFA Indonesia terpuruk karena timnas tak diizinkan tampil pada laga internasional untuk mengumpulkan poin yang berguna dalam penghitungan peringkat FIFA. Ranking FIFA berikutnya akan dirilis pada 2 Juni 2016.

 

Video Populer

Foto Populer