Sukses


3 Pertimbangan Menpora Cabut SK Pembekuan PSSI

Bola.com, Jakarta - Menpora Imam Nahrawi sudah menandatangani surat pencabutan SK pembekuan PSSI. Hal itu disampaikan Menpora pada Selasa (10/5/2016) malam di Jakarta. Pada Rabu (11/5/2016) siang, Menpora memberikan keterangan resmi terkait pencabutan sanksi yang dijatuhkan per 17 April 2015 itu.

Dalam sesi konferensi pers yang dilangsungkan di Kantor Kemenpora, Jakarta, Rabu siang ini, Menpora asal Bangkalan, Madura, itu menjelaskan pertimbangan apa saja yang jadi dasar pengambilan keputusan untuk mencabut SK Nomor 01307 perihal pembekuan PSSI itu.

Menpora Imam Nahrawi menuturkan ada tiga hal utama yang jadi pertimbangan. Pertama, menghargai keputusan Mahkamah Agung yang menolak kasasi yang diajukannya terkait putusan banding yang dikeluarkan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negeri (PT TUN) tertanggal 28 Oktober 2015 dan keputusan PTUN tertanggal 14 Juli 2015. Keputusan kasasi MA itu dijatuhkan pada Senin (7/3/2016).

"Kami taat hukum dan menghargai putusan Mahkamah Agung. Pemerintah harus sesegara mungkin mencabut keputusan pembekuan PSSI itu," jelas Menpora.

Kedua, menghargai komitmen FIFA. Menpora mengungkapkan pihaknya menghargai surat-surat yang dikirimkan FIFA baik secara langsung kepada dirinya atau kepada Menteri Sekretaris Negara.

"Salah satu isi surat itu adalah FIFA akan mengawal perubahan sepak bola di Indonesia. Ini yang akan kami kawal bersama. Pemerintah sangat menghargai upaya FIFA-AFC untuk mengawal perubahan itu," ucapnya.

Ketiga, pemerintah menghargai dan menghormati harapan, niat, kehendak pencinta sepak bola di Tanah Air untuk segara dilakukan perubahan yang lebih baik untuk tata kelola sepak bola nasional.

Dalam poin ketiga ini, Menpora Imam Nahrawi menekankan komitmen pemilik suara yang telah meminta digelarnya Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI. Seperti diketahui, pekan lalu sebanyak 85 voter PSSI secara resmi mengajukan KLB.

"Komitmen itu tetap harus dijaga. Pemerintah ingin kepercayaan ini dijaga bersama. Pemerintah kepada FIFA, FIFA kepada pemerintah, FIFA kepada pemilik suara. Perubahan tak boleh berhenti di sini dan harus dijaga bersama," ujarnya.

Menpora juga mengungkapkan bila SK pencabutan pembekuan PSSI itu sudah dikirim ke FIFA agar jadi perhatian federasi sepak bola dunia itu. Di sisi lain, pada 9-10 Mei FIFA menggelar sidang Komite Eksekutif, disusul Kongres pada 12-13 Mei 2016 di Meksiko.

 

 

Video Populer

Foto Populer