Sukses


Singapura Sibuk Jalani Uji Coba Juli Ini, Indonesia Kapan?

Bola.com, Singapura -a Singapura menambah daftar negara yang disibukkan dengan agenda uji coba jelang Piala AFF 2016. Sebelumnya, Filipina dan Malaysia sudah merilis agenda uji coba demi mematangkan tim sebelum bertempur di turnamen paling elite di kawasan Asia Tenggara ini.

Sesuai jadwal, Piala AFF 2016 berlangsung pada 19 November-17 Desember 2016 dengan fase penyisihan grup dimainkan di Filipina dan Myanmar. Untuk semifinal dan final dilangsungkan dengan sistem kandang-tandang.

Seperti dilansir dari situs resmi Asosiasi Sepak Bola Singapura (FAS), Jumat (1/7/2016), Timnas Singapura dijadwalkan menjalani empat laga uji coba sepanjang Juli 2016.

Tiga uji coba direncanakan dimainkan di Jepang melawan klub lokal Negeri Sakura, salah satunya klub peserta J1-League, Albirex Niigata FC, pada 24 Juli 2016. Dua uji coba lain, akan diumumkan kemudian ketika tim asuhan pelatih V. Sundramoorthy ini menggelar pemusatan latihan (pelatnas) di Niigata pada 18-26 Juli 2016.

Kamboja diagendakan jadi lawan uji coba Singapura selanjutnya. Duel sesama negara di ASEAN ini akan dipertandingkan pada 28 Juli 2016 di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja.

FAS menjelaskan bila sebelum bertolak ke Jepang, timnas akan menjalani pemusatan latihan di Singapura pada 11-17 Juli 2016.

Sebanyak 25 pemain sudah dipanggil untuk mengikuti rangkaian pelatnas dan uji coba ini. Dari 25 nama itu, terselip sejumlah pemain senior semisal pemain veteran Daniel Bennett, yang berusia 38 tahun dengan 124 caps. Pemanggilan bek kelahiran Inggris ini jadi yang pertama buatnya dalam sejak tiga tahun terakhir.

Sementara tiga pemain langganan timnas yang bergabung di klub Malaysia Super League, Johor Darul Ta'zim, yakni Hariss Harun, Shahril Ishak, dan Baihakki Khaizan kali ini justru tidak dipanggil.

"Saya sangat gembira kembali ke timnas. Saya selalu merasa terhormat mewakili Singapura dan saya berterima kasih pada coach Sundram untuk kesempatan ini. Pemanggilan kembali saya ini menunjukkan bola pintu timnas tidak pernah tertutup bagi siapapun, selama mereka memperlihatkan konsistensi di klub," beber Daniel Bennett. 

Pelatih V. Sundramoorthy juga mengungkapkan terima kasihnya atas agenda uji coba yang sudah disetujui FAS. Pelatih 50 tahun ini menegaskan bila partai uji coba merupakan salah satu persiapan penting jelang Piala AFF 2016.

"Dalam tahapan persiapan sekarang ini, sangat penting buat kami mendapatkan pertandingan berkualitas dengan lawan bagus secara teratur. Saya juga ingin berterima kasih pada klub yang dengan besar hati melepas para pemain untuk mengikuti pelatnas," ujar V. Sundramoorthy.

"Kebersamaan kami pada Juli ini akan saya gunakan untuk mencermati pemain yang tampil apik di S-League dan membuat mereka memiliki pemahaman yang benar mengenai permainan yang saya harapkan," imbuhnya.

Kabar ini seolah jadi tamparan buat Indonesia karena hingga sekarang, jangankan merilis jadwal uji coba, pemain yang akan menjalani pelatnas pun belum diketahui karena pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, dibantu Wolfgang Pikal masih berburu pemain.

Dalam sebuah kesempatan wawancara dengan Bola.com, Alfred terdengar pesimistis Timnas Indonesia bisa menjalani pelatnas dan uji coba secara normal jelang Piala AFF karena padatnya jadwal ISC dan sampai sekarang belum ada keputusan yang diambil PSSI serta PT Gelora Trisula Semesta (GTS) selaku operator ISC terkait hal itu.

Daftar pemain yang dipanggil pelatnas dan uji coba Timnas Singapura pada Juli 2016
Kiper: Izwan Mahbud (Tampines Rovers), Khairulhin Khalid (Hougang United), Syazwan Buhari (Geylang International), Zaiful Nizam (Balestier Khalsa)
Bek: Abdil Qaiyyim (Home United), Afiq Yunos, Hafiz Sujad, Shakir Hamzah (all Tampines), Daniel Bennett , Faritz Hameed (both Geylang), Madhu Mohana (Warriors FC), Nazrul Nazari (Hougang)
Gelandang: M. Anumanthan (Hougang), Gabriel Quak, Safirul Sulaiman (both Geylang), Hafiz Nor (Warriors), Izzdin Shafiq, Yasir Hanapi (both Tampines), Zulfahmi Arifin (Home)
Penyerang: Sahil Suhaimi, Amy Recha (Geylang), Azhar Sairudin, Khairul Nizam (Home), Fazrul Nawaz (Tampines). Khairul Amri (Garena Young Lions)

 

 

Video Populer

Foto Populer