Sukses


Pesan Hamka Hamzah untuk 2 Pemain Muda Arema yang Masuk Timnas

Bola.com, Malang - Kapten tim Arema Cronus Hamka Hamzah boleh saja tidak masuk daftar pemain yang terpanggil mengikuti seleksi timnas senior menuju Piala AFF 2016. Namun bukan berarti dia berhenti memberikan ilmu kepada para penerusnya di skuat garuda.

Bek kelahiran Makassar 32 tahun silam itu masih bisa memberikan nasihat penting terutama untuk pemain muda yang baru dipanggil ke timnas senior. "Membela timnas itu tidak semudah main di klub. Butuh pengalaman dan kematangan untuk main membela negara," katanya.

Menurut Hamka, pemain muda juga harus menyiapkan mentalnya meskipun saat ini timnas baru memanggil pemain untuk seleksi. "Kalau sampai pemain muda tidak kuat mental, kasihan setelah kembali ke klub. Permainan akan merosot karena sudah puas diri setelah dipanggil timnas," tegas mantan pemain Mitra Kukar.

Bisa dikatakan pemain muda di timnas rawan terkena sindrom pemain bintang. Hal itu berimbas pada tingkah lakunya di luar lapangan. "Jadi jangan merasa sudah puas atau jadi pemain bintang ketika baru masuk timnas," tandasnya.

Di Arema, dari lima pemain yang dipanggil seleksi ada dua pemain yang baru kali ini akan seleksi di timnas senior, yaitu Ryuji Utomo dan Syaiful Indra Cahya. Namun mereka sudah punya modal saat main bersama timnas U-19 dan U-23.

Saat tur ke Bogor melawan PS TNI (31/7/2016), Hamka juga membagi ilmu kepada Ryuji. Sebab, Syaiful absen dalam tur itu karena sakit Demam Berdarah.

Kepada Ryuji, Hamka memberikan gambaran cara bermain yang disukai pelatih Alfred Riedl. Hamka juga jadi bagian dari timnas Piala AFF 2010 dan 2016 yang dibesut Alfred Riedl. "Kalau sudah masuk timnas, mereka harus tetap kerja keras untuk klub. Jangan besar kepala," kata dia.

Selain dua pemain Arema itu, masih banyak muka baru yang akan seleksi di timnas senior. Seperti kiper Sriwijaya FC Teja Paku Alam, pemain sayap Persija Ambrizal Umainailo, hingga striker Persela Lamongan Dendi Sulistiawan.

Video Populer

Foto Populer