Sukses


Hasil Pesaing Indonesia: Thailand Apes, Filipina Menang

Bola.com, Jakarta - Pada hari yang sama dengan duel uji coba Indonesia versus Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016), dua pesaing Indonesia di penyisihan Grup A Piala AFF 2016 juga menjalani pertandingan di tempat berbeda.

Thailand, juara bertahan sekaligus pemegang empat kali gelar juara Piala AFF, menjalani laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2018 putaran ketiga zona Asia.

Tampil di depan publik sendiri di Rajamangala National Stadium, timnas Thailand tersungkur dari Jepang dengan skor 0-2 lewat gol Genki Haraguchi (menit ke-19) dan Asano Takuma (menit ke-75).

Hasil ini membuat tim asuhan pelatih Kiatisuk Senamuang itu berada di posisi paling buncit Grup B karena belum pernah sekalipun meraih poin dari dua pertandingan yang sudah dijalani. Pada pertandingan pertama kontra Arab Saudi (1/9/2016), Teerasil Dangda dkk. tumbang 0-1 lewat penalti.

Kondisi ini dianggap bakal sedikit mematahkan asa timnas Negeri Gajah Putih dalam upaya mereka melangkah ke Piala Dunia untuk pertama kalinya.

Seperti diketahui, dua tim teratas dari masing-masing grup di putaran ketiga berhak lolos langsung ke Piala Dunia 2018 dan tim yang finis di posisi ketiga melaju ke putaran keempat.

Dua tim peringkat ketiga itu akan diadu dan tim yang keluar sebagai pemenang masih harus berhadapan dengan tim peringkat empat dari zona CONCACAF pada play-off antarkonfederasi.

 

2 dari 2 halaman

Filipina menang di Bishkek

Perjuangan berat masih akan terus dilakukan Thailand karena putaran ketiga ini masih akan berlangsung hingga 5 September 2017 sehingga apapun masih bisa terjadi. Yang pasti, Thailand masih harus memikirkan Piala AFF yang berlangsung mulai 19 November di Filipina (Grup A).

Pasalnya, Thailand diprediksi juga tidak mau malu gelar mereka direbut tim lain lantaran saat ini mereka dianggap sebagai tim terkuat di Asia Tenggara. Buat mereka, gelar Piala AFF juga dianggap prestisius

Hanya, konsentrasi Tanabon Kesarat cs. bisa terpecah mengingat jadwal pertandingan ketiga hingga kelima kualifikasi Piala Dunia 2018 putaran ketiga berlangsung 6 Oktober (vs UEA), 11 Oktober (vs Irak), dan 15 November atau hanya empat hari sebelum laga pertama di penyisihan Grup A Piala AFF (vs Australia).

Berbeda dengan Thailand, pesaing Indonesia yang lain, Filipina, sukses dalam laga persahabatan melawan Kirgizstan. Pada pertandingan yang dimainkan di Dolen Omurzakov Stadium, Bishkek, Kirgizstan, Selasa (6/9/2016), The Azkals menang 2-1.

Timnas Filipina menang 2-1 atas Kirgizstan pada uji coba di Bishkek, Kirgizstan. (Bola.com/FIFA)

Dua gol timnas Filipina dicetak Kevin Ingreson menit ke-43 dan Misagh Bahadoran menggandakan gol Filipina menit ke-52. Sementara tim tuan rumah menipiskan skor melalui gol Lux pada menit ke-60.

Tanpa beberapa pilar yang absen karena cedera dan urusan personal, pelatih timnas Filipina, Thomas Dooley, memainkan skema awal 4-2-3-1.

Pelatih asal Amerika Serikat itu memasang kiper veteran langganan timnas, Neil Etheridge, kemudian Martin Markus Steuble, Amani Manuel Aguinaldo, Dennis Villanueva, Daisuke Sato sebagai kuartet bek, Manuel Ott, Kevin Ingreso di posisi gelandang bertahan, lalu Misagh Bahadoran, Philip James Younghusband, Iain Ramsay di sektor tengah. Lini depan dihuni langganan timnas lainnya, James Joseph Younghusband.

Selepas ini Filipina akan menjamu Korea Utara, juga dalam laga persahabatan internasional, pada 10 Oktober 2016. Sedangkan Timnas Indonesia dikabarkan akan kembali beruji coba, kali ini melawan Myanmar dan Vietnam. Namun, hingga dua agenda uji coba itu belum bisa dipastikan PSSI kapan digelar.

 

 

 

 

Video Populer

Foto Populer