Sukses


Andik Vermansah Dipastikan Absen Ikut Pelatnas Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan mulai menjalani pemusatan latihan pada 22 September 2016 di Yogyakarta. Salah satu pemain andalan Indonesia, Andik Vermansah, kemungkinan besar akan absen dalam sesi pelatnas tersebut.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia akan digelar di Yogyakarta selama lima hari, mulai 22 hingga 27 September 2016. Sebanyak 25 pemain rencananya akan dipanggil untuk mengikuti pelatnas tersebut.

Sejumlah pemain baru akan dipanggil oleh Alfred Riedl dalam pemusatan latihan untuk mempersiapkan tim menuju Piala AFF 2016 yang digelar 19 November–17 December itu.

Waktu pelaksanaan pelatnas pada akhir September ini terasa tidak menguntungkan bagi Andik Vermansah. Aktivitas klub yang dibelanya di Negeri Jiran, Selangor FA amat padat.

Pada Sabtu (17/9/2016) Selangor bakal menjalani pertandingan melawan PKNS Selangor di ajang Piala Malaysia. Selanjutnya sepekan kemudian Tim Red Giants bersua Perak FA di pentas Liga Super Malaysia. 

Setelah itu mereka menjalani libur kompetisi baru bertanding lagi pada Sabtu (22/10/2016) melawan Johor Darul Ta'zim.

Waktu kosong tanpa bertanding tersebut semestinya bisa dimaksimalkan Andik kembali ke Tanah Air. Hanya saja klubnya keberatan melepas sang pemain, mereka harus menghadapi periode krusial di Liga Super Malaysia dan Piala Malaysia.

Saat seleksi perdana Piala AFF 2016 lalu Selangor tidak bersedia melepas Andik. Sang penyerang sayap baru diizinkan mudik saat Timnas Indonesia beruji coba melawan Malaysia pada 6 September 2016 di Stadion Manahan, Solo. Kala itu Andik jadi salah satu pemain yang merepotkan lini pertahanan Harimau Malaya.

Asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, mengaku pasrah jika Andik tidak bisa ikut pelatnas pada akhir September ini. Sang asisten pelatih mengatakan bahwa tim pelatih Tim Merah-Putih pun tak bisa berbuat banyak lantaran waktu pelaksanaan training centre memang tidak sesuai dengan kalendar sepak bola internasional yang telah dijadwalkan oleh FIFA.

Namun, Pikal menjamin Andik pasti bergabung saat Tim Garuda kembali melakukan uji coba pada pertengahan Oktober 2016. Pemain kelahiran Jember, 23 November 1991 itu amat diharapkan bergabung bersama rekan-rekannya untuk menjalani persiapan tahap akhir Piala AFF 2016.

"Andik adalah pemain bagus. Dia sosok pemain yang disiplin dan memiliki semangat tinggi. Namun, untuk training centre selama lima hari pada pekan depan dia tidak bisa ikut. Ia sudah meminta izin ke Selangor FA dan  tidak mendapatkan izin," ujar Pikal saat dihubungi Bola.com, Kamis (15/9/2016).

"Pelatnas timnas terdekat tidak masuk dalam FIFA matchday, dan jika tidak saat kalender pertandingan FIFA jelas klub mana pun tidak wajib melepaskan pemain. Itu sudah menjadi hak klub yang tidak bisa ditawar. Nanti pada bulan Oktober ada FIFA matchday lagi, jelas kita harap ada uji coba dan Andik pasti bergabung lagi," lanjut Pikal.

Timnas Indonesia sukses meraih kemenangan telak 3-0 atas Malaysia dalam uji coba pertama sejak bebas dari sanksi FIFA. Tim asuhan Alfred Riedl itu tengah bersiap untuk berkiprah di Piala AFF 2016 sebagai turnamen pertama timnas senior sejak dihapusnya sanksi FIFA.

Video Populer

Foto Populer