Sukses


Meraba 11 Pemain Inti Timnas Indonesia Bayangan Piala AFF 2016

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia baru saja selesai melakukan pemusatan latihan di Stadion Manahan, Solo. Latihan pagi pada Selasa (27/9/2016) menjadi sesi latihan terakhir sebelum para pemain bergabung kembali dengan klubnya masing-masing.

Berbeda dengan ketika menjalani laga uji coba kontra Malaysia pada 6 September 2016, di mana Alfred Riedl membawa 22 pemain untuk meraih kemenangan 3-0 atas tim asuhan Ong Kim Swee, dalam sesi pemusatan latihan di Solo selama enam hari Alfred Riedl memanggil 25 pemain.

Lima pemain baru dipanggilnya setelah tidak masuk skuat saat menghadapi Timnas Malaysia. Kelima pemain itu adalah Dominggus Fakdawer, Ferdinand Sinaga, Dedi Kusnandar, Arthur Bonai, dan Rizki Pora. Namun, dua pemain yang ikut serta dalam uji coba pada 6 September 2016, Andik Vermansah dan Dedi Gusmawan, tak bisa mengikuti training centre karena jadwal yang bukan FIFA matchday.

Dari dua kesempatan mengumpulkan para pemain Timnas Indonesia, terlihat kalau Alfred Riedl telah menemukan komposisi skuat bayangan Tim Garuda proyeksi Piala AFF 2016. Pelatih asal Austria itu memang memang masih ingin mencoba beberapa pemain baru di sejumlah posisi. Namun, ia memastikan jumlahnya tidak banyak.

Malah secara terang-terangan ia telah mematenkan posisi beberapa pemain, sekalipun mereka absen dalam TC terakhir.

Andik Vermansah dan Kurnia Meiga misalnya. Kedua pemain itu tidak ikut dalam pemusatan latihan di Solo. Bahkan, Meiga juga tidak ikut membela Tim Merah-Putih saat menghadapi Malaysia karena cedera saat memperkuat Arema Cronus. Namun, keduanya digaransi masuk daftar 23 pemain yang akan berlaga di Piala AFF 2016, dengan catatan keduanya fit jelang keberangkatan ke Filipina pada medio bulan November 2016.

"Meiga dan Andik pasti kembali ke Timnas. Untuk pemain lain masih akan dipertimbangkan berdasarkan performa dan laporan," ujar Alfred Riedl saat dijumpai Bola.com di Solo.

Tak hanya mengamankan Kurnia Meiga dan Andik, Riedl juga sudah mengumumkan akan mencoret dua pemain yang mengikuti training centre di Solo. Namun, sang pelatih masih merahasiakan siapa kedua nama yang tidak akan ia panggil kembali ke skuat Timnas Indonesia. Siapa-siapa saja yang menghuni skuat bayangan Tim Garuda?

2 dari 3 halaman

Tak Jauh Beda dengan Uji Coba Melawan Malaysia

Persaingan ketat akan terjadi di sektor penjaga gawang. Cedera yang menimpa Kurnia Meiga memang membuat kiper Arema Indonesia tak bisa mengikuti uji coba kontra Malaysia dan pemusatan latihan di Solo. Namun, melihat perkembangan terkini sang kiper utama Timnas Indonesia beberapa tahun terakhir, Alfred Riedl dipastikan tidak akan mengabaikan namanya.

Alfred Riedl dipastikan akan membawa tiga orang penjaga gawang ke Piala AFF 2016. Dengan keberadaan Andritany Ardhiyasa, Jandia Eka Putra dan Teguh Amiruddin di sesi pemusatan latihan, serta Dian Agus Prasetyo saat laga uji coba kontra Malaysia membuat persaingan memperebutkan posisi kiper pelapis akan sangat ketat.

Andritany tampil cukup apik saat uji coba Timnas Indonesia kontra Malaysia. Ia punya kans melapis Meiga. Tugas ini dilaksanakan dengan baik saat tampil membela Timnas Indonesia U-23 SEA Games 2011 dan 2013. Ia kemungkinan bakal didampingi kiper Semen Padang, Jandia Eka Putra, yang punya rapor bagus saat pelatnas terakhir.

Sementara itu, di lini pertahanan, perubahan terjadi dengan dipanggilnya bek tengah Persipura, Dominggus Fakdawer, setelah Dedi Gusmawan tidak ikut serta dalam training centre. Empat bek utama Timnas Indonesia tampaknya tidak akan terlalu banyak berubah, relatif sama dengan komposisi kuartet pertahanan saat uji coba kontra Tim Negeri Jiran .

Nama Beny Wahyudi akan berada di sisi kanan pertahanan. Yanto Basna, yang ketika bermain bersama Timnas Indonesia U-19 berposisi sebagai bek kanan, akan diplot menjadi salah satu dari dua pemain di pusat pertahanan bersama Fachruddin Wahyudi Aryanto. Sementara di sisi kiri ada nama Abdul Rahman.

Di sektor tengah, Dedi Kusnandar dan Rizki Rizaldi Pora menjadi dua nama baru di pemusatan latihan. Kehadiran keduanya memberi banyak pilihan bagi sang mentor.

Patut dicatat pelatnas terakhir Alfred tidak lagi memanggil gelandang serang, Adam Alis. Pemain asal Barito Putera yang bersinar di SEA Games 2015 agak sulit menembus persaingan di lini paling vital dalam permainan. 

Sektor sayap Timnas Indonesia bayangan agaknya bakal dihuni oleh duet Zulham Zamrun dan Andik Vermansah. Sementara di posisi gelandang tengah ada Bayu Pradana dan Evan Dimas. Walau mengalami cedera saat pemusatan latihan,  Alfred agaknya amat percaya kepada keduanya untuk menjadi poros permainan di lini kedua.

Sementara di lini depan, Riedl dipastikan akan membawa empat pemain depan. Keempat pemain itu tak jauh-jauh dari Ferdinand Sinaga, Irfan Bachdim, Boaz Solossa, dan Lerby Eliandry Pong Babu, yang ikut serta dalam TC di Solo. Posisi inti kemungkinan besar akan diiisi duet preadtor Boaz dan Irfan, yang sudah unjuk ketajaman saat melumat Malaysia 3-0.

"Kolaborasi Boaz dengan Irfan saat uji coba melawan Malaysia relatif solid. Saya berharap keduanya bisa terus menjaga kekompakan," kata Alfred Riedl.

3 dari 3 halaman

Alfred Riedl Tidak Punya Cukup Waktu Mencoba Banyak Pemain

Alfred Riedl berencana untuk memanggil 35 pemain di training centre pada Oktober 2016. Namun, hanya akan ada 23 pemain yang dibawa Alfred Riedl ke Piala AFF 2016.

Melihat dua kesempatan Timnas Indonesia berkumpul pada awal September sebelum menghadapi Malaysia dan di akhir September saat pemusatan latihan selama enam hari, 23 nama pemain yang akan berangkat ke Piala AFF 2016, termasuk Kurnia Meiga dan Andik Vermansah tampak sudah cukup terlihat.

Bola.com memprediksi 23 pemain yang akan terbang ke Filipina pada Piala AFF 2016 yang dimulai November mendatang. Perubahan masih amat munkin terjadi, namun tidak akan secara ekstrem dilakukan oleh Alfred Riedl, karena ia tidak punya banyak waktu untuk mencobai banyak pemain. Siapa-siapa saja mereka yang masuk Timnas Indonesia bayangan?

Kiper: Kurnia Meiga (Arema Cronus), Andritany Ardhiyasa (Persija), Jandia Eka Putra (Semen Padang).

Belakang: Indra Kahfi Ardyaksa (Bhayangkara FC), Fachruddin Wahyudi (Sriwijaya FC), Muhammad Abduh Lestaluhu (PS TNI), Beni Wahyudi (Arema Cronus), Dominggus Fakdawer (Persipura), Rudolof Yanto Basna (Persib Bandung), Hansamu Yama Pranata (Barito Putera), Abdul Rahman (Persiba Balikpapan)

Tengah: Bayu Pradana Andriatmoko (Mitra Kukar), Septian David Maulana (Mitra Kukar), Irsyad Maulana (Semen Padang), Zulham Zamrun (Persib Bandung), Ichsan Kurniawan (Sriwijaya FC), Dedi Kusnandar (Sabah FA), Evan Dimas Darmono (Bhayangkara FC), Andik Vermansah (Selangor FA).

Depan: Irfan Haarys Bachdim (Consodole Sapporo), Boaz Solossa (Persipura Jayapura), Ferdinand Alfred Sinaga (PSM Makassar), Lerby Eliandry Pong Babu (Pusamania Borneo FC)

Video Populer

Foto Populer