Sukses


Prediksi Indonesia Vs Vietnam: Ujian Berat Timnas di Maguwoharjo

Bola.com, Sleman - Timnas Indonesia akan menghadapi lawan tangguh, yakni Vietnam dalam laga uji coba di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Minggu (9/10/2016). Duel ini dipastikan tidak akan berlangsung mudah bagi Boaz Solossa dan kawan-kawan.

Asisten pelatih, Wolfgang Pikal mengungkapkan bakal mewaspadai kecepatan lini depan Vietnam dalam laga nanti. Menurutnya, lini depan skuat The Golden Stars yang dipimpin striker berpengalaman, Le Cong Vinh, bisa sangat berbahaya buat Timnas Indonesia.

Hal itu dikatakan Pikal usai melihat rekaman pertandingan Vietnam melawan Korea Utara. Saat itu, tim asuhan Nguyen Huu Thang menghajar lawannya, 5-2 di Thong Nhat Stadium, Ho Chi Minh, Vietnam, Kamis (6/10/2016).

''Lini depan mereka punya kecepatan dan jelas harus kami waspadai. Seluruh pemain sudah belajar dari rekaman pertandingan itu,'' kata Pikal.

Pikal menilai Vietnam mempunyai pola permainan dengan mengandalkan umpan terobosan yang dikreasikan para gelandang kepada para ujung tombak. Lini belakang Timnas diharapkan tampil disiplin dengan melakukan pressing ketat.

Asisten pelatih Austria itu juga menekankan pentingnya mengontrol tempo permainan sembari menerapkan pola penguasaan bola. ''Vietnam tim bagus dan sangat berbahaya. Pemain juga harus cepat beradaptasi dengan cuaca di stadion besok. Jika hujan dan becek tentu akan ada perubahan pola permainan sehingga kami akan bermain aman,” ia menuturkan.

Soal komposisi pemain, pelatih Alfred Riedl kemungkinan besar hanya melakukan sedikit perubahan dibandingkan laga uji coba melawan Malaysia, 6 September 2016. Di laga nanti, Riedl agaknya lebih memilih memainkan Dedi Kusnandar untuk mendampingi Evan Dimas di lini tengah. Sedangkan Bayu Pradana akan duduk di bangku cadangan.

Di luar itu, Timnas Indonesia akan memainkan komposisi skuat yang sama dari belakang hingga lini depan seperti melawan Malaysia. “Soal taktik tentu saya sudah punya gambaran siapa yang akan bermain sejak awal. Namun, saya pasti tidak akan memberitahu siapa saja yang bermain dan formasi yang kami pakai,” ucap Riedl.

 

2 dari 2 halaman

Vietnam Waspadai Timnas Indonesia

Di kubu Vietnam, pelatih Nguyen Huu Thang menyambut pertandingan ini dengan antusias karena akan bertemu dengan Riedl, salah satu pelatih yang ia hormati. Selain itu, Vietnam juga akan menjajal kemampuan Timnas Indonesia yang akan mendapat dukungan langsung dari puluhan ribu suporter.

Maka itu, Huu Thang meyakini pertandingan uji coba kali ini tidak akan mudah bagi anak asuhnya. Terlebih, pada laga uji coba terakhir, Timnas Indonesia berhasil mengalahkan Malaysia dengan skor 3-0. Kala itu gol-gol kemenangan Timnas Indonesia dicetak Boaz Solossa (dua gol) dan pemain yang berkiprah di Consadole Sapporo, Irfan Bachdim.

“Dalam laga uji coba terakhir, saat menang atas Malaysia 3-0, pemain Indonesia bermain dengan antusiasme yang besar, suporter yang juga memberikan dukungan untuk Anda. Mereka pasti punya tanggung jawab untuk memuaskan fans. Jadi, pertandingan besok akan sulit,” ucap Huu Thang.

Huu Thang juga memuji Timnas Indonesia yang ia yakini bisa menjadi salah satu kandidat kuat untuk Piala AFF 2016. Dengan catatan, Tim Merah Putih bisa menjaga konsistensi permainan hingga berlangsungnya putaran final Piala AFF 2016 di Filipina dan Myanmar, 19 November-17 Desember 2016.

“Indonesia punya tekad untuk membuktikan diri setelah lepas dari sanksi. Tentu, mereka bisa menjadi kandidat untuk menjadi salah satu tim unggulan di Piala AFF 2016,” ucap Huu Thang. 

Sementara itu, kapten The Golden Stars, Pham Than Luong meyakini laga uji coba melawan Timnas Indonesia akan berjalan menarik. Ia juga memastikan laga uji coba kali ini tidak kalah penting dibandingkan dengan pertandingan melawan Korea Utara yang berkesudahan 5-2. 

Meski memang tim tamu tidak akan diperkuat tiga pemain jebolan Vietnam U-19, Luong Xuan Trong, Nguyen Tuan Anh, dan Nguyen Chong Phuong. “Ini pertandingan penting buat kami. Memang hanya laga uji coba tapi kami akan memperlihatkan kemampuan terbaik dan tidak sabar menanti pertandingan ini,” ujarnya.

Perkiraan susunan pemain

Indonesia (4-4-2): Andritany Ardhiyasa; Beny Wahyudi, Fachrudin Aryanto, Rudolof Yanto Basna, Abdul Rahman; Andik Vermansah, Evan Dimas Darmono, Dedi Kusnandar, Zulham Zamrun; Irfan Bachdim, Boaz Solossa

Pelatih: Alfred Riedl

Vietnam (4-3-3): Tran Nguyen Manh; Au Van Hoan, Truong Dinh Luat, Tranh Dinh Dong, Vu Van Thanh; Ngo Hoang Thinh, Nguyen Tong Hoang, Pham Thanh Luong; Nguyen Van Quyet, Le Cong Vinh, Nguyen Van Toan

Pelatih: Nguyen Huu Thang

Video Populer

Foto Populer