Sukses


Wawancara Tony Aprilani: Target Indonesia Masuk 100 Besar Dunia

Bola.com, Jakarta - Tony Aprilani merupakan salah satu calon Ketua Umum PSSI yang matang pengalaman di level nasional dan juga di daerah.

Sebagai ketua Asosiasi Provinsi PSSI Jawa Barat (dulu bernama Pengprov) kepengurusannya berhasil memunculkan Persib Bandung yang sukses jadi juara Indonesia Super League 2014 dan tim sepak bola Jawa Barat yang baru saja jadi juara PON 2016.

Di level nasional, ia tercatat sebagai salah satu anggota Komite Eksekutif PSSI periode 2011-2014 dan 2015-2019. 

Tony punya ambisi besar kembali menjadi pengurus teras federasi. Ia mengaku ingin menuntaskan programnya

Menjadi bagian dari rezim kepemimpinan La Nyalla Mattalitti, Tony mengaku tidak merasa gagal. Konflik berkepanjangan antara nakhoda PSSI dengan pemerintah membuat dirinya kesulitan menjalankan program kerja di organisasi.

Ia menolak anggapan figur-figur yang duduk di jajaran kepengurusan PSSI saat ini buruk semua. Menurut padangannya banyak di antara mereka punya visi dan misi yang bagus buat memperbaiki kondisi sepak bola Indonesia. Sayangnya, karena konflik berkepanjangan mereka ikut tergerus arus perubahan yang dimotori pemerintah.

Bola.com berkesempatan melakukan wawancara dengan Tony di sela-sela acara Debat Calon Ketua Umum PSSI yang digagas PSSI Pers di SCTV Tower, Jakarta, pada Selasa (4/10/2016). Simak buah pikiran tokoh sepak bola yang juga aktif berpolitik di Partai Golkar tersebut.

Tony Aprilani, Calon Ketum PSSI. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Apa visi dan misi Anda sehingga akhirnya bersedia maju dalam pemilihan Ketua Umum PSSI?

Visi saya adalah untuk membangun sepak bola Indonesia yang jauh lebih baik, modern, dan berprestasi. Sementara itu, misinya adalah mengadopsi semua program dari ketua umum terdahulu yang sifatnya meningkatkan kualitas persepakbolaan Indonesia sehingga peringkat Indonesia bisa kembali masuk dalam 100 besar.

Anda tampak cukup yakin bisa memperbaiki peringkat Indonesia. Apa latar belakang keyakinan Anda?

Indonesia berada di posisi 191 dalam peringkat FIFA setelah pembekuan dicabut. Sekarang Indonesia berada di posisi 180. Ini adalah langkah awal yang bagus untuk bisa mewujudkan Indonesia masuk ke dalam posisi 100 besar.

Saya sejak di Pengda PSSI Jawa Barat sudah membuat kompetisi tingkat daerah. Setelah empat tahun hasilnya sudah terlihat. Sepak bola Jawa Barat kuat ketika PON digelar kemarin. Saya punya mimpi melakukan seperti apa yang pernah dilakukan oleh Agum Gumelar saat menjadi Ketua Umum PSSI periode 1999-2003 yang membawa Indonesiamasuk peringkat 95, atau bisa lebih baik lagi.

2 dari 2 halaman

Hal Pertama yang Akan Dilakukan jika Terpilih

Bagaimana pendapat Anda soal penjabaran visi misi dari semua calon Ketua Umum PSSI yang lain?

Kita semua akan memilih calon ketua umum yang nantinya akan memimpin federasi yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia. Setidaknya dari penjabaran visi dan misi serta debat antar calon, semua orang sudah tahu visi dan misi para calon ketua umum.

Oleh karna itu ini adalah tradisi yang harus tetap dilaksanakan dan dijalankan. Dari kegiatan seperti debat akan terlihat apakah voters bisa menilai siapa yang memiliki konsep ke depan supaya persepakbolaan Indonesia lebih baik lagi.

Calon ketua umum yang saat ini maju terbilang banyak jumlahnya, bagaimana tanggapan Anda?

Calon yang didaftarkan oleh anggota atau voters itu kalau tidak salah ada 18, setelah diverifikasi oleh komite pemilihan tinggal sembilan. dari sembilan tentu harus terpilih satu. Inilah yang harus pemikiran cerdas dari para pemegang hak suara di kongres. Mau tidak mau calon-calon ketua umum ini sudah dipublis ke masyarakat, sudah diuji kompetinsinya, baik konsep maupun visi dan misi.

Jika Anda terpilih menjadi ketua umum, apak hal yang pertama akan Anda lakukan?

Pertama saya akan menyusun pengurus yang benar-benar bersih, yang selama ini saya nilai ada pengurus yang tidak bekerja di dalam koridornya. Misalnya ada yang rangkap jabatan. Itu kan tidak boleh, dan itu harus dibasmi menurut saya.

Saya akan membentuk kepengurusan yang bersih, profesional, yang berdedikasi tinggi supaya bisa melaksanakan program kerja hasil kongres besok yang sudah dipesankan oleh para voters melalui kongres. Itu akan ditetapkan dan harus diimplementasikan

Jika calon ketua umum lain yang akhirnya terpilih menjadi ketua umum, harapan Anda dari dirinya?

Ya tentu kita sama-sama menginginkan sepak bola kita ini lebih baik ke depan. Minimal juara SEA Games, kalo bisa juara Asian Games. Selanjutnya mungkin ikut Piala Dunia.

Tapi butuh waktu ke Piala Dunia. Paling tidak sekarang SEA Games dan Asian Games. Inilah tanggung jawab Ketua Umum PSSI dan pengurus nanti yang harus ditata dengan rapi. Dipilih dan dipilah dan dilakukan semau kompetisi dari seluruh komponen, supaya di dapatkan talenta pemain yang direkrut untuk timnas nanti.

 

Video Populer

Foto Populer