Sukses


Penghormatan untuk Maulwi Saelan Buka Duel Persib Vs Bhayangkara

Bola.com, Cikarang - Persib Bandung menjamu Bhayangkara FC dalam laga pekan ke-23 Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Rabu (12/10/2016) . Sesaat sebelum laga dimulai, kedua tim dan seisi stadion mengheningkan cipta untuk menghormati Ketua Umum PSSI kelima sekaligus kiper legendaris Timnas Indonesia, Maulwi Saelan.

Laga antara Persib melawan Bhayangkara digelar dua hari setelah kabar duka datang untuk sepak bola Indonesia. Legenda Timnas Indonesia yang juga merupakan mantan Ketua Umum PSSI, Maulwi Saelan, tutup usia dalam usia 90 tahun pada Senin (10/10/2016).

Maulwi Saelan merupakan penjaga gawang legendaris yang dimiliki Indonesia. Maulwi adalah kiper Tim Merah-Putih saat berlaga di Olimpiade 1956 di Melbourne, Australia.

 Salah satu yang paling diingat dari Maulwi Saelan adalah penampilan cemerlangnya kala mempertahankan gawang dari gempuran pemain Uni Soviet yang memiliki postur jauh lebih tinggi dari pemain Indonesia. Saat itu Timnas Indonesia sukses menahan Uni Soviet tanpa gol, sebelum akhirnya kalah 0-4 dalam duel ulangan yang digelar sehari berselang.

Maulwi Saelan tak hanya dikenal sebagai seorang kiper legendaris Indonesia. Ia juga pernah memperkuat Persib Bandung, selain PSM Makassar yang membesarkannya.

Ia juga merupakan Ketua Umum PSSI kelima yang menjabat pada periode 1964-1967. Selain itu, Maulwi juga dikenal sebagai pengawal setia Presiden Soekarno dan setelah pensiun ia mendirikan Yayasan Pendidikan Al Azhar Syifa Budi yang berada di Kemang, Jakarta Selatan.

Mantan penjaga gawang kelahiran Ujung Pandang, 8 Agustus 1926 itu dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Sosoknya begitu dihormati sebagai pahlawan negara, baik dari karier militer, olahraga, dan pendidikan.

Penghormatan kepada Maulwi Saelan itu pun dilakukan oleh semua yang hadir di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang. Dua puluh dua pemain dari Persib dan Bhayangkara memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk Maulwi Saelan sebelum pertandingan dimulai.

 

 

Video Populer

Foto Populer