Sukses


RD, Kegagalan di Piala Malaysia dan Dukungan buat Andik Vermansah

Bola.com, Malaysia - Selangor FA melangkah ke final Piala Malaysia 2016 setelah membungkam T-team di semifinal. Andik Vermansah menginspirasi kemenangan timnya atas tim asuhan Rahmad Darmawan, pelatih yang juga pernah menanganinya di Timnas Indonesia U-23. Rahmad Darmawan pun mengungkapkan pandangannya soal keberhasilan Andik dan juga Timnas Indonesia.

Selangor FA lolos ke final Piala Malaysia 2016 setelah di pertandingan leg kedua semifinal sukses menang 3-0 atas T-team, Sabtu (15/10/2016). Kemenangan 3-0, di mana Andik Vermansah mencetak satu gol dan memberikan satu assist, melengkapi kemenangan 2-1 yang diraih Selangor atas T-team di leg pertama.

Andik membuat kontribusi pertamanya dalam pertandingan leg kedua semifinal Piala Malaysia itu melalui umpan matang kepada Gopinathan yang sukses mencetak gol pembuka saat pertandingan baru berjalan dua menit. Setelah Selangor menggandakan keunggulan melalui Ugo Ukah pada menit ke-19, Andik mencetak gol pada masa injury time.

Setelah T-team tersingkir dari Piala Malaysia berkat kecemerlangan Andik, Bola.com pun berkesempatan untuk menghubungi pelatih T-team, Rahmad Darmawan, mengenai pemikirannya terhadap Andik Vermansah, laga final Piala Malaysia tahun ini, dan juga sedikit mengenai performa Andik di Timnas Indonesia. Berikut petikan wawancara dengan pelatih yang akrab disapa RD itu.

Pelatih Rahmad Darmawan saat memimpin latihan T-Team. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

1. Bagaimana Anda menanggapi kekalahan yang harus dialami oleh T-team saat menghadapi Selangor yang diperkuat Andik Vermansah?

Buat T-team sebagai tim debutan di Malaysia Super league, sudah suatu lompatan yg luar biasa kami bisa sampai di semifinal. Sesungguhnya kami hanya ditargetkan untuk mencapai babak perempat Final.

2. Bagaimana pendapat Coach RD soal permainan Andik Vermansah saat menghadapi tim Anda di Piala Malaysia?

Sebagai seorang kapten, Andik adalah salah satu pemain kunci tim Selangor. Kini ia bermain semakin dewasa dibanding saat bersama saya di Timnas Indonesia U-23. Andik adalah pemain yang mengetahui bagaimana, kapan, dan di mana, menggunakan kecepatannya.

3. Apakah menurut Anda Andik berhasil menjadi aktor kegagalan T-team melangkah ke final Piala Malaysia?

Betul! Andik merepotkan pertahanan T-team yang malam itu tidak bisa menurunkan Maiga akibat akumulasi kartu. Salah satu gol pun diciptakan Andik.

2 dari 2 halaman

Dukungan di Timnas Indonesia

4. Dari permainan di pertandingan semifinal, apakah Anda berpendapat Andik bisa membawa Selangor menjadi juara Piala Malaysia?

Pertandingan Selangor menghadapi Kedah adalah ulangan Final Piala Malaysia tahun lalu. Namun, menurut saya pertandingan kali ini akan berlangsung seimbang dan sulit menentukan siapa yang keluar sebagai pemenang karena kualitas Kedah juga baik.

Hanya saja Selangor diuntungkan karena pertandingan final kali ini diselenggarakan di stadion Shah Alam, kandang Selangor, karena Stadion Bukit Jalil yang biasa digunakan untuk pertandingan penting sedang direnovasi. Andik akan menjadi salah satu pemain yg bisa menentukan kemenangan di pertandingan final nanti, disamping saya juga melihat ada beberapa pemain timnas Malaysia dan pemain asing yang ada di Selangor memang memiliki kualitas.

5. Dari kacamata seorang pelatih, apakah menurut Anda Andik bisa menjadi sosok pembeda bersama Timnas Indonesia di Piala AFF 2016?

Untuk Timnas Indonesia, saya berharap Andik akan tetap bermain sebagaimana dia bermain di Selangor. Timnas Indonesia butuh Andik tidak hanya sebagai pemain berkualitas secara skill, tetapi juga sebagai ikon kesederhanaan dan kebersahajaan dalam bersikap yang memang sangat dibutuhkan tim untuk selalu fokus dengan hal-hal yang penting. Andik juga dibutuhkan di lapangan sebagai panutan serta motivator bagi para pemain yang lebih muda.

6. Bagaimana prediksi Anda soal kiprah Timnas Indonesia di Piala AFF 2016 mendatang?

Timnas Indonesia punya kans sama besar dengan tim peserta lain dalam Piala AFF 2016. Hanya saja Timnas Indonesia butuh uji coba di luar Indonesia untuk menambah pengalaman dan mempertajam semua lini, baik saat menyerang atau pun saat bertahan.

Video Populer

Foto Populer