Sukses


Pemkot Makassar Bangun Patung Legenda Timnas di Pantai Losari

Bola.com, Makassar - Pemerintah Kota Makassar memberi penghargaan kepada almarhum Ramang, salah satu legenda Timnas Indonesia, dengan membuat patung. Patung Ramang rencananya akan ditempatkan di anjungan Pantai Losari.

"Patung itu nantinya akan jadi salah satu ikon kota Makassar," ujar Hendra Kaimuddin, Kadispora Makassar pada jumpa media di Makassar, Senin (17/10/2016).

Ramang adalah salah satu striker terbaik yang pernah mewarnai perjalanan sejarah sepak bola Indonesia. Selama kariernya, Ramang nyaris membawa Indonesia lolos ke Piala Dunia 1958.

Dia mencetak dua dari empat gol Indonesia ke gawang China. Sayang, saat di babak play-off, Indonesia menolak tampil melawan Israel yang kemudian lolos ke Swedia. Ramang juga masuk dalam daftar starter Indonesia saat menahan imbang Uni Soviet pada perempatfinal Olimpiade Melbourne 1958.

Sebelum menggelar jumpa media, Hendra bersama puluhan suporter Makassar berziarah ke makam Ramang di pemakaman Islam Panaikang. "Patung Ramang diharapkan jadi simbol kebangkitan Timnas Indonesia. Kami ingin semangat dan penampilan pantang menyerah ala Ramang dulu bisa mengilhami pesepak bola muda Indonesia," ungkap Hendra.

Hendra menjelaskan, patung Ramang yang dibuat oleh Effendy dari komunitas pematung Mojokerto bakal dibuat sesuai karakter aslinya. "Kami jamin bakal lebih baik dari patung yang pernah dibuat sebelumnya," paparnya.

Hal senada dikatakan Ismawati Anwar, salah seorang cucu Ramang. "Kami memberi apresiasi kepada Pemkot Makassar yang memberikan penghargaan berupa patung kepada almarhum Kakek. Saya mewakili pihak keluarga berharap patung itu nanti sesuai dengan karakter dan wajah almarhum," ujar Ismawati.

Ramang

Sebelumnya, Pemkot Makassar pernah mendirikan patung Ramang di pintu gerbang Lapangan Karebosi. Tapi, patung itu kemudian dirobohkan sebelum adanya revitalisasi Karebosi berupa pembangunan mal bawah tanah dan rehabilitasi tiga lapangan sepak bola pada tahun 2008.

Kalangan suporter PSM menyambut gembira rencana Pemkot Makassar itu. "Kami berharap dengan adanya patung Ramang semangat sepakbola di Makassar dan tanah air kembali bergelora. Ramang bukan hanya milik Makassar tapi juga Timnas Indonesia bahkan Asia," ujar Sadat RG, sekjen Red Gank.

 

Video Populer

Foto Populer