Sukses


Hadiah Uang Piala AFF 2016 Kalah Besar dari Juara Piala Presiden

Bola.com, Kuala Lumpur - Piala AFF 2016 tinggal sebulan lagi bergulir. Didahului fase penyisihan Grup A pada 19 November 2016 dan Grup B pada 20 November 2016, seluruh peserta dipastikan bakal mengeluarkan dan mempertontonkan kemampuan terbaik demi jadi yang terhebat dan terkuat di kawasan Asia Tenggara.

Tidak hanya demi gengsi negara di mata internasional, ada hal lain yang bisa diburu dalam turnamen ini. Apalagi bila bukan hadiah yang diperebutkan. 

Belum lama ini AFF dalam situs resminya mengunggah besaran hadiah yang akan diberikan kepada pemenang, runner-up, serta tim yang kalah di semifinal.

Untuk tim juara, selain menerima trofi, juga akan mendapat hadiah uang sebesar 200 ribu dolar AS atau setara Rp 2,602 miliar sesuai kurs per Kamis (20/10/2016) siang WIB. Untuk runner-up berhak menerima hadiah 75 ribu dolar AS (Rp 975 juta), dan masing-masing tim yang kalah di semifinal mengantongi 50 ribu dolar AS (Rp 650 juta).

Di samping hadiah uang, AFF juga menyiapkan trofi untuk mereka yang menerima penghargaan masing-masing Tim Fair Play, Top Scorer, dan Most Valuable Player (MVP). Hanya, untuk tiga penghargaan itu, AFF tidak merinci apakah juga menerima hadiah uang.

Nominal hadiah yang disiapkan AFF untuk Piala AFF edisi ke-11 pada tahun ini tidak mengalami peningkatan dibandingkan penyelenggaraan sebelumnya.

Peningkatan jumlah hadiah uang terjadi pada edisi 2012, ketika AFF memutuskan menaikkan hadiah uang dari 100 ribu dolar menjadi 200 ribu dolar AS.

Di sisi lain, bila dibandingkan dengan turnamen-turnamen yang pernah digelar di Tanah Air semasa vakum dari ajang internasional akibat sanksi FIFA, hadiah uang diperebutkan di Piala AFF 2016 tergolong kecil.

Semisal Piala Presiden 2015 yang mengguyur Persib sebagai pemenang dengan hadiah uang Rp 3 miliar plus pembagian hak siar. Kemudian Mitra Kukar sebagai juara Piala Jenderal Sudirman 2015 menerima Rp 2,5 miliar dan Arema sebagai pemenang Piala Bhayangkara 2016 juga mengantongi Rp 2,5 miliar.

Perbandingan lain, juara Piala AFC 2016 akan menerima hadiah uang sebesar 700 ribu dolar AS (Rp 9,1 miliar) sedangkan kampiun Liga Champion Asia 2016 bakal diguyur hadiah uang 3 juta dolar AS (Rp 39 miliar).

Meski begitu, hadiah tentu diharapkan bukan jadi alasan terkuat Timnas Indonesia memburu gelar juara karena prestasi, gengsi, dan nama harum di pentas internasional harus diutamakan dalam perjuangan di Piala AFF 2016.

 

Video Populer

Foto Populer