Sukses


Ilham Jaya Kesuma Bicara soal Striker Timnas Indonesia Saat Ini

Bola.com, Jakarta - Striker legendaris Timnas Indonesia, Ilham Jaya Kesuma, merasa striker-striker yang dimiliki Tim Garuda saat ini memiliki kualitas yang bagus. Namun, top scorer Piala AFF 2004 itu merasa kualitas Boaz Solossa dkk. masih bisa ditingkatkan dengan dukungan kompetisi yang lebih baik.

Timnas Indonesia saat ini dinilai Ilham masih memiliki penyerang-penyerang yang menjanjikan. Boaz Solossa, Irfan Bachdim, dan Ferdinand Sinaga tidak perlu diragukan kualitasnya.

Boaz dan Irfan tampil cemerlang saat kemenangan 3-0 atas Malaysia dalam uji coba di Stadion Manahan, Solo, 6 September 2016. Sementara Ferdinand Sinaga adalah striker lokal yang paling produktif di TorabikaSoccerChampionship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo.

Sementara dari lini kedua, ada Zulham Zamrun dan Andik Vermansah yang juga tak perlu diragukan lagi kualitas dalam membantu lini serang Timnas Indonesia.

Ilham Jaya Kesuma merasa penampilan apik yang terus diperlihatkan para pemain Tim Garuda adalah bukti lini depan Indonesia memiliki kualitas yang baik untuk berlaga di Piala AFF 2016.

Hanya, Ilham Jaya Kesuma menilai kemampuan para penyerang Timnas Indonesia masih bisa berkembang lebih baik jika diasah melalui kompetisi sepak bola yang lebih baik. Menurutnya, jika dengan turnamen dan uji coba Timnas Indonesia yang masih minim saja sudah baik, apalagi jika kompetisi berjalan sebagaimana mestinya.

"Semua striker di Timnas Indonesia sekarang bagus. Hanya, sekarang kompetisi sepak bola Indonesia baru sebatas turnamen setelah sanksi FIFA dicabut. Uji coba untuk timnas pun masih sedikit, jadi perlu peningkatan. Mereka semua bagus, kecepatannya luar biasa. Saat ini yang penting adalah adanya kompetisi untuk menempa kemampuan mereka," ujar Ilham.

Ilham Jaya Kesuma saat beraksi di Piala Tiger 2004 (HOANG DINH NAM / AFP)

Ilham juga bicara kans Timnas Indonesia di Piala AFF 2016. Indonesia akan tampil menghadapi Thailand, Singapura, dan Filipina di penyisihan Grup A, mulai 19 November 2016. Menurut mantan striker Persita Tangerang ini, tim asuhan Alfred Riedl bisa lolos ke fase selanjutnya.

"Menurut saya, naluri gol striker Timnas Indonesia saat ini bagus jika melihat dua pertandingan uji coba yang sudah dijalani. Semua lawan Indonesia nanti kekuatannya kini merata. Filipina, Singapura, Thailand kini punya kualitas sama. Saya cukup yakin kita lolos ke semifinal. Yang penting jika ada peluang para striker harus bisa mencetak gol. Hal itu akan sangat penting untuk menambah kepercayaan diri," tuturnya.

 

Video Populer

Foto Populer