Sukses


Alasan Timnas Malaysia Panggil Lagi Safee Sali Jelang Piala AFF

Bola.com, Kuala Lumpur - Keputusan mengejutkan lagi-lagi diambil pelatih Ong Kim Swee dalam mempersiapkan timnas Malaysia jelang Piala AFF 2016. Ong Kim Swee memanggil Safee Sali masuk pemusatan latihan tahap akhir bersama 25 pemain lainnya.

Nama Safee Sali mengejutkan karena sudah setahun terakhir mantan pemain Pelita Jaya dan Arema ini absen dari timnas. Partai terakhir Safee adalah kala Malaysia melawan Uni Emirat Arab dalam kualifikasi Piala Dunia 2018, November 2015.

Selain itu, striker 32 tahun itu juga jarang mendapat kesempatan bermain pada musim ini bersama Johor Darul Ta'zim, klubnya saat ini.

Namun, Kim Swee berkukuh bila pengalaman dan reputasi Safee Sali bila mempertajam lini depan skuatnya di Piala AFF 2016.

"Dia juga bisa membimbing para pemain muda di lini depan tim seperti Ahmad Hazwan Bakri. Meski dia jarang dimainkan di klub, kami punya waktu dua minggu dalam pemusatan latihan yang memberi saya kesempatan memperbaiki kelemahan yang ada, tidak hanya pada Safee, tapi juga pada pemain lain," kata Ong Kim Swee di situs resmi Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM).

Safee, peraih gelar top scorer di Piala AFF 2010, memang belum pasti jadi bagian tim inti di Piala AFF 2016 karena dari 26 pemain yang dipanggil menjalani TC tahap akhir, hanya 23 pemain yang dibawa ke Yangon, Myanmar, untuk menjalani penyisihan Grup B.

Kejutan lain, Kim Swee menepikan trio JDT, yakni Izham Tarmizi Roslan, Fazly Mazlan, dan Azrif Nasrulhaq. Padahal, melihat penampilanketiganya selama ini, trio pemain itu diprediksi bakal masuk starting line-up di Piala AFF 2016.

Sebanyak 26 pemain yang dipanggil menjalani TC tahap akhir ini lebih sedikit dibandingkan pemusatan latihan sebelumnya, jelang uji coba kontra Singapura (7/10/2016) dan Afghanistan (11/10/2016), yang diikuti 30 pemain.

Selain Izham, Fazly, dan Azrif, ada dua pemain lagi dari TC jelang dua uji coba itu yang dicoret Kim Swee. Jadi, kali ini, pelatih asal Melaka itu hanya memanggil Safee Sali.

"Dari pengamatan kami, 26 pemain ini merupakan yang terbaik yang ada dan cukup berat mencari pemain terberat di setiap posisi," kata Kim Swee yang ditarget FAM membawa timnas Malaysia masuk final.

26 pemain yang dipanggil ke TC tahap akhir timnas Malaysia diwajibkan berkumpul pada Selasa (25/10/2016) setelah kompetisi Malaysia Super League 2016 tuntas digelar. Dengan pengecualian enam pemain dari Kedah FA dan Selangor FA yang masih akan bertemu di final Piala Maaysia, 30 Oktober 2016.

Uji coba terakhir jelang keberangkatan ke Myanmar dimainkan pada 14 November 2016 kontra Papua Nugini, yang pernah mengalahkan Baddrol Bakhtiar dkk. 0-2 pada uji coba di Port Moresby (17/6/2016).

Dua hari setelah uji coba atau pada 16 November 2016, timnas Malaysia bertolak ke Yangon menghadapi tuan rumah Myanmar, Vietnam, dan Kamboja.

Daftar 26 Pemain yang Menjalani TC Tahap Akhir Timnas Malaysia Proyeksi Piala AFF 2016
Kiper: Khairul Fahmi Che Mat (Kelantan), Hafizul Hakim Khairul Nizam Jothy (Perak), Khairul Azhan Khalid (Selangor) Defenders: Fadhli Shas (Darul Ta'zim), Khairul Helmi Johari, Rizal Ghazali (Kedah), Ahmad Khuzaimi Piee (Malacca), Matthew Davies (Pahang), Nazirul Naim Che Hashim (Perak), Ronny Harun (Sarawak), Shahrom Kalam (Selangor)
Tengah: Amri Yahyah (Darul Ta'zim), Ahmad Fakri Saarani, Hadin Azman (both Felda United), Irfan Fazail, Zaquan Adha Radzak (Johor), Baddrol Bakhtiar, Syazwan Zainon (both Kedah), Nasir Basharuddin, Shahrul Saad (both Perak), S. Veenod (Selangor), Safawi Rashid (T-Team)
Depan: Safee Sali (Darul Ta'zim), Darren Lok (Johor), Ahmad Hazwan Bakri (Selangor); Norshahrul Idlan Talaha (Terengganu)

 

Video Populer

Foto Populer