Sukses


Gelandang Timnas di Piala AFF Pilihan Uston Nawawi-Yusuf Ekodono

Bola.com, Surabaya - Saat ini Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF tengah menyeleksi sejumlah pemain yang akan beroperasi di sektor gelandang. Ada sejumlah pemain senior, ada pula pemain muda potensial. Menilik nama-nama pemain yang dipanggil pelatih Alfred Riedl, mantan gelandang Timnas Baretti Uston Nawawi dan Yusuf Ekodono angkat bicara.

Uston misalnya, menilai persaingan antarpemain itu sangat ketat. Maklum, secara kualitas mereka relatif merata. Seperti diketahui, ada nama Rizky Pellu, Dedi Kusnandar, Bayu Pradana, Muhammad Hargianto, dan Syahroni yang saat ini bersaing mendapatkan tempat di lini tengah timnas.

Namun dibanding Rizky dan Syahroni, Uston menjagokan Hargianto dan Bayu Pradana yang akan terpilih. Di mata Uston, kedua pemain ini memiliki kualitas yang tidak dimiliki Rizky dan Syahroni.

"Hargianto dan Bayu bagus saat menguasai bola. Keduanya bisa melindungi bola dengan baik, berani berduel dan bagus saat mendistribusikan bola," jelas Uston.

Ia menilai Hargianto sebagai gelandang cerdas. Pemain asal Jakarta itu bisa menggantikan peran Evan Dimas di saat rekan setimnya di Bhayangkara FC itu dimatikan. Hargianto juga punya umpan terobosan yang akurat sehingga bisa memanjakan para penyerang Timnas.

Kemampuan yang sama dimiliki Bayu. Meski tidak punya umpan terobosan akurat layaknya Hargianto, Uston melihat Bayu punya keunggulan pada posturnya yang tinggi. Ia juga memiliki tembakan jarak jauh yang bisa dijadikan senjata Timnas ketika lini depan tumpul.

Hargianto dan Bayu dinilai sangat memahami perannya sebagai penyeimbang. "Ini yang tidak saya lihat pada Rizky dan Syahroni. Tapi, semua tergantung pelatih Timnas karena setiap pelatih memiliki kriteria tertentu untuk pemain pilihannya," kata Uston.

Untuk Dedi, Uston tidak bisa memberikan banyak komentar karena sejak berkiprah di Sabah FA, Uston tidak mengetahui perkembangan pemain yang satu ini.

"Saat masih di Persebaya ISL, dia sangat bagus. Dedi hampir sama dengan Hargianto," tutur pemain yang dua kali mengantarkan Persebaya menjuarai kompetisi kasta tertinggi Tanah Air itu.

Tidak jauh beda dengan Uston, Yusuf Ekodono menilai Bayu dan Hargianto layak masuk Timnas Indonesia proyeksi Piala AFF. Selain kedua nama itu, Yusuf menganggap Dedi juga pantas masuk.

"Saya tahu persis kualitas ketiga pemain ini. Kebetulan saya pernah bersama Dedi, dan sekarang saya ada di Bhayangkara FC bersama Hargianto," ungkap mantan penyerang Timnas itu.

Saat masih berkostum Persebaya ISL pada 2014 lalu, Dedi berada di tim senior, sementara Yusuf menangani Persebaya U-21 dan U-16.

"Dedi Kusnandar adalah salah satu gelandang cerdas. Dia punya ketenangan dan mampu mengatur tempo permainan. Mirip Hargianto dan Bayu Pradana," ungkap ayah kandung dua pilar Bhayangkara FC, Fandi Eko Utomo dan Wahyu Subo Seto itu.

 

Video Populer

Foto Populer