Sukses


Menu Latihan Khusus buat Kurnia Meiga di Timnas Indonesia

Bola.com, Sleman - Kiper Arema Cronus, Kurnia Mega Hermansyah akhirnya kembali bergabung ke Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan Piala AFF yang digelar di Stadion Maguwoharjo, Sleman, 20-25 Oktober 2016.

Penjaga gawang 25 tahun itu sempat absen saat Tim Garuda beruji coba melawan Malaysia dan Vietnam serta sesi pelatnas di Stadion Manahan, Solo, bulan lalu akibat cedera.

Kurnia Meiga saat itu mengalami cedera otot paha saat klubnya berjumpa Madura United di Stadion Kanjuruhan, Malang, 2 September 2016. Kembalinya sang pemain melegakan bagi pelatih Alfred Riedl mengingat dirinya digadang-gadang jadi kiper nomor satu di Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina, 19-25 November 2016.

Hanya saja, Meiga telah melewatkan enam laga Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 presented by IM3 Ooredoo. Kemungkinan menurunnya kondisi fisik dan kebugaran menghinggapi kiper kelahiran Jakarta 7 Mei 1990 itu. Hal tersebut disadari betul pelatih kiper Timnas Indonesia, Gatot Prasetyo.

''Kebugarannya sudah mulai naik. Namun, Mega sudah lama tidak bermain sehingga perlu mengembalikan feeling penjaga gawang dan juga kekuatan otot. Dia tinggal fokus ke  jalur pengembalian kondisi fisik,'' kata Gatot saat berbincang kepada Bola.com, Minggu (23/10/2016).

Untuk itu, Gatot telah mempersiapkan program khusus untuk meningkatkan kondisi fisik adik kandung kiper ketiga Arema, Achmad Kurniawan tersebut. Ia memilih fokus mengembalikan strength di bagian kaki kanan yang baru saja sembuh dari cedera.

Meski demikian, dirinya enggan memaksakan dengan program berat sekaligus agar proses recovery Meiga berjalan lancar. ''Kami akan step by step menggeber latihan khusus buat Kurnia Meiga, agar ia kembali ke kondisi terbaik. Nanti akan dilihat setelah pemusatan latihan di Sleman. Jika masih kurang, akan dilanjut saat pelatnas di Jakarta sebelum uji coba,'' ujar Gatot.

Persaingan kiper di Timnas Indonesia berlangsung ketat. Pelatih Alfred Riedl sejauh ini telah  memanggil enam kiper sepanjang training center (TC) maupun uji coba yakni, Kurnia Mega, Andritany Ardhiyasa, Dian Agus Prasetyo, Teguh  Amiruddin, Jandia Eka Putra, dan Heri Prasetyo.

Kurnia Mega di posisi terdepan mengingat dirinya mendapat jaminan dari Alfred Riedl yang menilainya merupakan penjaga gawang terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Andritany Ardhiyasa diprediksi bakal jadi pelapis, hal itu terlihat pada kepercayaan yang diberikan tim pelatih kepadanya untuk mengawal gawang Tim Merah-Putih di dua laga uji coba melawan Malaysia dan Vietnam.

Video Populer

Foto Populer