Sukses


Mengulas Performa 2 Pemain Kejutan Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, membuat kejutan dengan menyertakan nama bek Persija Jakarta, Gunawan Dwi Cahyo, dan striker Persib Bandung, Samsul Arif, dalam 40 pemain yang didaftarkan ke AFF untuk daftar sementara pemain Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Pertimbangan khusus memang dibutuhkan oleh Alfred Riedl dalam memasukkan nama Samsul dan Gunawan dalam daftar 40 pemain tersebut. Ya, kedua pemain tersebut, ditambah pemain naturalisasi Stefano Lilipaly, menjadi pemain yang sama sekali belum pernah dipanggil Alfred Riedl dalam persiapan menuju Piala AFF 2016.

Samsul Arif sebenarnya sudah dipanggil dalam seleksi dua gelombang di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor pada Agustus 2016. Namun, akhirnya ia harus mengurungkan harapannya untuk bergabung dengan skuat Timnas Indonesia lantaran cedera lutut kanan yang dialaminya dalam pertandingan Persib Bandung kontra Barito Putera, tiga hari sebelum seleksi dilakukan.

Samsul kini sudah pulih. Dari catatannya bersama Persib, pemain berusia 31 tahun itu sudah bermain sebanyak 17 laga di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Namun, sebagian besar dilakukan sebagai pemain pengganti.

Samsul kalah bersaing dengan Sergio van Dijk di lini depan Persib. Pelatih Persib, Djadjang Nurdjaman, lebih mempercayai striker naturalisasi Indonesia itu sebagai pemain utama di lini depan Maung Bandung. Kendati demikian, Samsul tetap menjadi salah satu pilihan Alfred Riedl dalam daftar sementara pemain Timnas Indonesia ketimbang Sergio van Dijk.

Jika dibandingkan dengan Sergio van Dijk yang sudah mengemas lima gol untuk Persib, Samsul baru mencetak dua gol bersama Maung Bandung. Statistik lain pun tak terlalu menonjol. Seperti dilansir situs resmi TSC 2016, Samsul memiliki persentase yang tidak tinggi, seperti akurasi tembakan yang hanya 63 persen dan dribel sukses yang hanya 48 persen. Catatan itu tentu sangat kurang bagi seorang striker.

Pemain Persib, Samsul Arif, cedera saat menghadapi Barito Putera pada laga Torabika Soccer Championship 2016 di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (13/8/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Namun begitu, Samsul termotivasi untuk bisa memperbaiki performanya setelah masuk ke dalam daftar 40 pemain. Meski dirinya merasa perlu beradaptasi lagi, kerja keras siap dilakukannya demi bisa masuk dalam 23 pemain yang akan berangkat ke Piala AFF 2016.

"Tentu ini menjadi motivasi bagi saya untuk bekerja lebih keras lagi, bukan hanya di Timnas Indonesia tetapi juga di Persib. Yang pasti saya harus tetap beradaptasi, mungkin hanya tinggal penyesuaian karena saya sudah siap terutama karena pernah bekerja sama dengan Alfred Riedl," ungkap Samsul Arif.

2 dari 2 halaman

Alasan Tim Pelatih Masukan Samsul dan Gunawan

Lain Samsul Arif, lain pula Gunawan Dwi Cahyo. Pemain kelahiran Jepara ini juga belum pernah memperkuat Timnas Indonesia sejak pertandingan kualifikasi Piala Dunia 2014 menghadapi Bahrain pada Februari 2012. Gunawan juga tidak sekalipun mendapatkan panggilan selama pemusatan latihan dan uji coba sejak Agustus hingga Oktober 2016.

Namun, sepertinya Alfred Riedl kepincut dengan penampilan mantan pemain Timnas U-23 bersama Persija Jakarta. Bek tengah berusia 27 tahun itu menyandang status sebagai pencetak gol terbanyak Macan Kemayoran dengan empat gol. Raihan gol itu lebih baik ketimbang Greg Nwokolo yang baru tiga gol, dan Ramdani Lestaluhu serta Ade Jantra yang baru mengemas dua gol.

Postur tinggi Gunawan Dwi Cahyo pun ideal sebagai seorang pemain belakang untuk melakukan duel udara dengan penyerang-penyerang lawan. Empat gol yang dicetaknya itu pun bukti bahwa pemain ini memiliki inisiatif membantu penyerangan dalam kondisi tertentu.

Pemain kelahiran Jepara 20 April 1989 ini juga memiliki catatan statistik yang baik bersama Persija. Ia melakukan 85 persen operan dan umpan silang yang dilakukannya pun sukses 100 persen sepanjang TSC 2016. Selain itu, Gunawan memiliki statistik apik dengan akurasi tekel mencapai 65 persen.

Bek Persija Jakarta, Gunawan Dwi Cahyo, saat latihan di Lapangan Villa 2000, Tangerang Selatan, Rabu (30/3/2016). (Bola.com/Vitalis Yogi Trisna)

Dengan catatan statistik tersebut, sangat masuk akal jika Alfred Riedl mendaftarkan nama Gunawan dalam skuat sementara Timnas Indonesia. Namun, Gunawan masih harus bisa membuktikan kualitasnya pada pemusatan latihan terakhir Timnas Indonesia selepas kembali dari Myanmar dan Vietnam yang menjadi lawan uji coba Tim Garuda pada 4 dan 8 November 2016.

Sementara itu, asisten pelatih Wolfgang Pikal memberikan konfirmasi tentang masuknya Samsul Arif dan Gunawan. Pikal mengaku bahwa Samsul sudah diinginkan sejak seleksi di Cibinong, Bogor, sedangkan nama Gunawan masuk daftar karena penampilan apik dalam beberapa pertandingan terakhir di TSC 2016.

"Kami sudah memantau Samsul Arif waktu di Bogor, di mana saat itu ia cedera, sementara Gunawan bermain bagus dalam beberapa pertandingan terakhir Persija. Gunawan mungkin dapat kesempatan untuk dipanggil ke Timnas Indonesia dan kami sedang mempertimbangkannya karena masih perlu back up untuk posisi  bek tengah. Namun, kami tetap menghormati kesepakatan hanya dua pemain dari setiap klub," papar Wolfgang Pikal kepada Bola.com, Senin (24/10/2016) malam.

Video Populer

Foto Populer