Sukses


Aji Santoso: Duel Vs Filipina dan Singapura Jadi Kunci Indonesia

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia terus memantapkan persiapan menuju Piala AFF 2016 di Filipina, 19-25 November 2016. Skuat racikan Alfred Riedl dijadwalkan menggelar pelatnas lanjutan di Lapangan Pelita Harapan, Karawaci, Tangerang mulai 29 Oktober 2016.

Pelatih asal Austria itu memiliki pekerjaan berat mengingat persiapan Timnas Garuda cukup mepet usai pencabutan sanksi dari FIFA. Selain itu, Timnas Indonesia juga harus tergabung di grup neraka bersama tuan rumah Filipina, juara empat kali Piala AFF: Singapura dan Thailand.

Mantan pelatih Timnas U-23 dan timnas senior, Aji Santoso, menyadari beratnya pertarungan di babak penyisihan ajang sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut. Persiapan singkat dan tidak ideal guna menghadapi ajang besar jadi tantangan bagi Boaz Solossa dkk.

"Kalau mau jujur, melihat waktu persiapan sangat tidak ideal. Persiapan hanya beberapa minggu dalam pemusatan latihan. Mudah-mudahan Timnas masih bisa tampil maksimal," kata Aji kepada Bola.com, Kamis (27/10/2016).

Pelatih Persela Lamongan itu menilai, Timnas Indonesia memang tergabung dengan lawan-lawan yang cukup berat. Dia tak menutup mata jika Thailand berada satu langkah di depan Indonesia. Itulah mengapa ia menilai peluang besar didapatkan kala menghadapi Filipina dan Singapura.

Aji menilai dibandingkan Thailand, dua lawan tersebut dianggap memiliki kekuatan yang seimbang. Pelatih asal Malang tersebut berharap timnas bisa memaksimalkan duel melawan Singapura dan Filipina.

"Bukan berarti pasti kalah dengan Thailand. Namun, harus disadari bahwa mereka levelnya sudah setingkat di atas. Kalau ingin lolos semifinal harus mencuri melawan dua rival lain," tuturnya.

Di sisi lain, legenda hidup Persebaya Surabaya itu memuji semangat juang yang ditunjukkan pemain baik dalam pelatnas maupun uji coba melawan Malaysia dan Vietnam.

Menurutnya, semangat bermain jadi modal utama menghadapi Piala AFF dengan persiapan sangat singkat. Aji percaya para pemain muda yang jadi andalan Alfred akan membuktikan kualitas diri.

"Semangat juang pemain harus lebih besar dari lawan. Saya optimistis Timnas Indonesia akan berbicara banyak di ajang nanti," ucapnya.

 

Video Populer

Foto Populer