Sukses


Ada Alquran-Tasbih, Ini 5 Barang Wajib Zulham Zamrun di Timnas

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni dua laga uji coba melawan Myanmar dan Vietnam pada 4 dan 8 November, sebelum terjun pada Piala AFF 2016 yang akan dihelat pada 19 November di Filipina dan Myanmar. Sebanyak 26 pemain diboyong pelatih Alfred Riedl untuk melakoni dua laga uji coba itu, termasuk penyerang Persib Bandung, Zulham Malik Zamrun. 

Para pemain yang masuk daftar pemain Timnas Indonesia tentu sangat bersyukur karena mempunyai kesempatan mengenakan seragam kebagaan nasional serta berpeluang mengibarkan Merah Putih dalam turnamen Internasional.   

Tentu saja persiapan matang baik itu mental atau fisik serta kemampuan terbaik harus dimiliki setiap pemain tersebut. Untuk mendapatkan performa apik saat bertanding para pemain itu harus menyiapkan peralatan lain untuk menunjang penampilan mereka tersebut. 

Zulham Zamrun yang selalu menyiapkan barang-barang terbaiknya untuk dibawa saat bergabung dengan Timnas Indonesia. Kepada Bola.com, pemain asal Ternate membeberkan isi tasnya selama bergabung Timnas Indonesia, baik saat TC maupun persiapan pertandingan.

Berikut barang-barang yang disebutkan Zulham Zamrun yang harus ada di kopernya saat mengikuti pemusatan latihan bersama Timnas Indonesia:

2 dari 3 halaman

Alat Salat dan 3 Sepatu

1. Peralatan ibadah

Sebagai seorang muslim yang taat, beribadah merupakan satu kewajiban yang harus ditunaikan, terutama salat lima waktu. Zulham Zamrun tak ingin kesibukannya menjadi alasan untuk meninggalkan panggilan Tuhan. Untuk itu, agar salat-nya terlaksana dengan lancar, Zulham menaruh perlengkapan salat di urutan pertama yang harus ada di koper.

"Saya muslim dan kewajiban saya di antaranya adalah salat lima waktu. Tentu, agar ibadah saya bisa terlaksana dengan nyaman dan lancar, saya pun harus membawa sajadah, peci, serta sarung dan untuk melengkapinya saya selalu bawa tasbih dan Alquran," kata Zulham Zamrun kepada Bola.com, Rabu (02/11/2016).

2.Tiga Sepatu

Setiap Zulham bergabung dengan pemusatan latihan Timnas Indonesia, tiga sepatu selalu dibawanya. Tiga sepatu yang dibawa akan berbeda fungsinya seperti yang selalu ia lakukan selama ini. Satu sepatu untuk latihan, satu sepatu khusus untuk dipakai saat pertandingan saja, dan satu sepatu joging.

"Jadi, sepatu latihan tidak mungkin saya pakai untuk pertandingan resmi atau uji coba. Satu sepatu lagi khusus untuk joging, karena biasanya untuk pergi, meeting dan makan, atau latihan pagi, pelatih selalu mewajibkan pemain untuk memakai sepatu, nah sepatu joging ini yang selalu saya pakai," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Peralatan Mandi hingga Vitamin

3. Tiga pakaian biasa dan tiga celana

Kapan pun dan di mana pun Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan, Zulham Zamrun hanya membawa tiga baju dan tiga celana termasuk di dalamnya celana pendek. Zulham mengaku tak pernah membawa baju atau celana ganti lebih dari tiga buah kecuali celana dalam.

"Karena kalau di Timnas Indonesia, pelatih sangat mewajibkan kami untuk memakai kaus identitas Timnas kemanapun kami pergi. Jadi, saya tidak pernah membawa baju ganti banyak-banyak kecuali CD," ungkap Zulham sambil tersenyum.

4. Peralatan Mandi

Zulham Zamrun termasuk pemain yang tidak bisa memakai peralatan mandi yang disediakan hotel. Tak ada alasan utama, menurut Zulham hal itu sudah menjadi kebiasaan dari keluarganya di mana orang tuanya tidak memperbolehkan anak-anaknya untuk memakai peralatan mandi kalau tidak membawa sendiri. Mulai handuk, pasta gigi, sikat gigi, serta sabun cair dan alat-alat kosmetik seperti parfum dan krim muka berada dalam tas kecil yang dibawa Zulham.

5. Vitamin

Zulham Zamrun termasuk salah satu pemain yang sangat memperhatikan asupan vitamin. Untuk menghindari persediannya habis, Zulham selalu memperhatikan berapa lama pemusatan latihan digelar. Jika harus melakoni laga di luar negeri, sudah dipastikan kembaran dari pemain PSM Makassar Zulvin Zamrun akan mebawa vitamin dengan jumlah yang banyak.

Video Populer

Foto Populer