Sukses


Profil Tim Piala AFF 2016: Ambisi Myanmar Jadi Kuda Hitam

Bola.com, Jakarta - Piala AFF 2016 adalah ajang bagi Timnas Myanmar untuk menguji bagaimana kekuatan mereka di Asia Tenggara untuk level senior. Seperti diketahui, dua tahun yang lalu, Myanmar membuat kejutan melalui Timnas U-19 yang lolos ke Piala Dunia U-20.

Myanmar juga membidik meraih level lebih baik dari Piala AFF sebelumnya. Sepanjang sepak terjang mereka di Piala AFF sejak 1996, Myanmar hanya sekali melaju ke babak semifinal, yakni pada Piala AFF 2004. Selebihnya, mereka selalu kandas di babak penyisihan grup.

Hal itulah yang membuat Federasi Sepak Bola Myanmar melakukan persiapan panjang untuk Piala AFF tahun ini. Apalagi, sebagai tuan rumah, mereka tak mau kehilangan momen.

Untuk Piala AFF 2016, pelatih Gerd Seize untuk sementara memanggil 23 pemain, didominasi pemain muda. Hanya ada tiga pemain senior dengan caps lebih dari 20, mereka adalah bek Win Min Htut (20 penampilan), Dvaid Htan (35), dan kapten Yan Aung Kyaw (44). 

Beberapa pemain jebolan Timnas U-20 juga masuk daftar, yakni Nanda Kyaw, Yan Naing Oo, Myo Ko Tun, dan striker Mg Mg Lwin yang masuk daftar skuat saat laga uji coba melawan Timnas Indonesia, Jumat (4/9/2016) di Stadion Thuwunna, Yangon.

Dengan modal pemain muda, tentu tak mudah bagi Myanmar untuk bersaing menghadapi Malaysia dan Vietnam yang berada di Grup A. Gerd Seize mengandalkan kekuatan tim dengan persiapan yang matang, termasuk menjalani pemusatan latihan di Eropa.

Soal uji coba, Myanmar baru melakoni lima laga persahabatan internasional dan baru sekali meraih kemenangan saat melawan Hong Kong. Myanmar dua kali dikalahkan Singapura dengan skor 1-0 dan 2-1, lalu ditahan Malaysia dan Indonesia 0-0. Sebelum tampil di Piala AFF 2016, Myanmar masih menyisakan satu uji coba melawan Oman pada 14 November di Yangon.

Data tim
Julukan: White Angles
Pelatih: Gerd Seize
Kapten: Yan Aung Kyaw
Prestasi: Emas Asian Games (Burma) 1966, 1970; medali emas SEA Games 1965, 1967, 1969, 1971, 1973

Skuat sementara:
Kiper: Yan Aung Lin (Yadanarbon), Kyaw Zin Phyo (Magwe), Pyae Phyo Aung (Southern Myanmar)
Belakang: Thein Zaw (Yangon United), Zaw Min Tun (Yangon United), Nanda Kyaw (Magwe), Kyaw Zin Lwin (Magwe),Phyo Ko Ko Thein (Ayeyawady United), Win Min Htut (Shan United), Hein Thiha Zaw (Shan United), David Htan (Yangon United), Set Phyo Wai (Magwe)
Tengah: Myo Ko Tun (Yadanarbon), Yan Aung Kyaw (c) (Yangon United), Ye Ko Oo (Yadanarbon), Yan Naing Oo (Shan United), Hlaing Bo Bo (Yadanarbon), Maung Maung Lwin (Hantharwady United), Zin Phyo Aung (Zwekapin United)
Depan: Aung Thu (Yadanarbon), Win Naing Soe (Yadanarbon), Suan Lam Mang (Chin United), Than Paing (Yangon United), Kaung Sett Naing (Samut Sakhon)

2 dari 3 halaman

Pelatih

Gerd Zeise naik pangkat menjadi pelatih kepala timnas Myanmar senior setelah berhasil mengantarkan Timnas U-19 Myanmar lolos ke Piala Dunia U-20 Selandia Baru, 2015.

Kendati babak belur pada ajang itu, pelatih berkebangsaan Jerman diberi kesempatan membuat Myanmar tampil beda di Piala AFF 2016. 

Pelatih berusia 64 tahun lebih banyak berkarier sebagai pencari bakat pesepak bola muda. Seperti dilansir dari Rheinische Post, dia tercatat pernah bekerja di Jepang, Korea Selatan, China, Vietnam, Maladewa, dan Belgia. Di klub, dia pernah bekerja untuk Hertha BSC dan Energie Cottbus.

Gerd Zeise lalu mengirimkan lamaran setelah ke MFF (federasi sepak bola Myanmar) membuka lowongan pelatih untuk Timnas U-19 menghadapi Kualifikasi Piala Dunia U-20 lewat ajang Piala AFC U-19 2014. Hasilnya, Gerd mampu mengantarkan Myanmar U-20 lolos ke Piala Dunia U-20 untuk pertama kali.

3 dari 3 halaman

Bintang

Kapten Timnas Myanmar, gelandang Yan Aung Kyaw termasuk pemain yang mengoleksi penampilan bersama timnas sebanyak 44 kali. Pemain Yangon United merupakan jebolan Timnas U-23 Myanmar pada SEA Games 2011, di mana mereka meraih medali perunggu.

Di lini tengah, Yan Aung Kyaw benar-benar diandalkan kematangannya. Dari delapan pemain yang masuk daftar skuat sementara, hanya Yan Aung Kyaw yang berpengalaman. Selebihnya, Myanmar mengandalkan gelandang muda, termasuk dua pemain jebolan skuat Piala Dunia U-20, Yan Naing Oo dan Myo Ko Tun.

Yan Aung Kyaw merupakan pemain andalan Yangon United. Bersama Yangon United, pemain berusia 27 tahun telah mengoleksi empat gelar liga domestik (Liga Nasional), yakni pada 2011, 2012, 2013, dan 2015.

Video Populer

Foto Populer