Sukses


Pelatih Malaysia Minta Kritikan Buatnya Ditunda Usai Piala AFF

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih timnas Malaysia, Ong Kim Swee, meminta kepada semua pihak yang terus mengkritiknya dalam mempersiapkan timnas Malaysia untuk menahan diri, setidaknya hingga Piala AFF 2016 tuntas digulirkan.

Hal itu diungkapkan Ong Kim Swee untuk meredakan terpaan kritikan yang makin intens diarahkan kepadanya seminggu jelang kick-off Piala AFF 2016.

Setelah sempat memasuki "fase tenang" kritikan kembali dihadapi Ong Kim Swee selepas uji coba timnas asuhannya menghadapi timnas Malaysia U-22 yang berkesudahan dengan skor 4-3 untuk timnas Malaysia senior.

Meski menang, hasil itu dianggap tidak meyakinkan karena menggambarkan betapa permainan timnas Malaysia proyeksi Piala AFF jauh dari kata memuaskan.

Sebelumnya, pelatih asal Melaka itu nyaris tidak bisa tenang dalam mempersiapkan timnya. Ia kerap jadi sasaran kritikan. Tidak tanggung-tangung, pemilik Johor Darul Ta'zim (klub elite Malaysia), Tunku Ismail Sultan Ibrahim pernah menyebut selama timnas Malaysia dipegang Ong Kim Swee, Malaysia hanya akan berada dalam tahap yang "itu-itu saja".

Bahkan Menpora Malaysia, Khairy Jamaluddin, meragukan kemampuan timnas Malaysia di bawah Ong Kim Swee untuk memenangi gelar Piala AFF tahun ini.

"Saya sudah dikritik sejak awal tahun (sejak dilantik jadi pelatih timnas). Kritiklah saya selepas Piala AFF. Bagi saya, pemain juga tak perlu terpengaruh dengan kritikan itu karena yang terpenting adalah mengambil hal positif dari kritikan itu sebagai motivasi," ujarnya seperti dikutip dari Berita Harian, Minggu (13/11/2016).

"Kritiklah lagi karena itu akan membuat saya lebih termotivasi. Itu bukan masalah, saya dan pemain karena kami sudah sepakat yakni membuat timnas lebih baik di Piala AFF nanti," imbuh pelatih 45 tahun itu.

Bisa jadi kritikan akan sedikit mereda bila timnas Malaysia bisa memperagakan permainan apik sekaligus mengalahkan Papua Nugini pada uji coba terakhir jelang Piala AFF yang dimainkan di Stadion Shah Alam, Selangor, Senin (14/11/2016).

Sebagai catatan, uji coba kontra Papua Nugini jadi yang kedua bagi timnas Malaysia setelah pada uji coba pertama di Port Moresby, 17 Juni 2016, timnas Harimau Malaysia secara mengejutkan takluk 0-2 dari tuan rumah.

"Kami masih perlu mengasah penyelesaian akhir agar bisa menuntaskan setiap peluang, namun dalam waktu sama, organisasi pertahanan juga perlu diperkuat dan lebih disiplin," kata Ong Kim Swee.

 

 

 

Video Populer

Foto Populer