Sukses


Formasi 4-4-1-1 Opsi Timnas Indonesia Saat Hadapi Thailand

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, memberikan bocoran formasi yang mungkin digunakannya dalam pertandingan perdana Tim Garuda di Piala AFF 2016 pada Sabtu (19/11/2016). Menghadapi Thailand yang merupakan juara bertahan Piala AFF, Alfred Riedl berencana memainkan formasi 4-4-1-1 dan mengupayakan serangan balik sebagai salah satu kunci permainan.

Timnas Indonesia harus menghadapi juara bertahan Piala AFF, Thailand, di pertandingan perdana Piala AFF 2016 di Philippine Sports Stadium, Bocaue, pada Sabtu (19/11/2016). Laga perdana ini dinilai jadi laga terberat yang akan dihadapi Tim Garuda di Piala AFF 2016. Namun, Timnas Indonesia mengalami sejumlah kendala jelang keberangkatan ke Filipina, terutama karena cedera yang dialami Irfan Bachdim dalam sesi latihan di Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Selasa (15/11/2016) pagi.

Namun, Alfred Riedl sudah mengambil langkah antisipasi dengan memanggil bintang Persipura Jayapura, Ferinando Pahabol, untuk menggantikan posisi Irfan Bachdim. Pelatih asal Austria itu bahkan mengungkapkan formasi yang paling cocok untuk Timnas Indonesia saat menghadapi Thailand adalah 4-4-1-1, di mana serangan balik akan menjadi senjata Timnas Indonesia di pertandingan itu.

"Kemungkinan besar kami akan bermain dengan Formasi 4-4-1-1, atau formasi-formasi seperti itu. Thailand adalah tim lawan yang sangat kuat, dan memiliki begitu banyak pemain bertahan yang bagus. Kami perlu memainkan serangan balik saat menghadapi tim seperti ini," ujar Alfred Riedl seusai sesi latihan Timnas Indonesia di Sekolah Pelita Harapan, Karawaci, Rabu (16/11/2016).

Jika melihat dari empat laga uji coba yang dilakukan Timnas Indonesia, formasi 4-4-2 menjadi andalan Alfred Riedl dengan memainkan Boaz Solossa dan Irfan Bachdim. Dengan bergabungnya Ferinando Pahabol, yang juga merupakan rekan setim Boaz di Persipura, formasi 4-4-1-1 menjadi modifikasi dari formasi yang biasa diterapkan Alfred Riedl. Pahabol akan menjadi pengganti Irfan Bachdim di posisi yang sebenarnya sebagai gelandang serang di belakang satu striker.

Timnas Indonesia akan berangkat ke Manila pada Kamis (17/11/2016) dan akan memiliki satu hari persiapan penuh di sana untuk menghadapi Thailand.

Alfred Riedl mengungkapkan ia sudah punya bayangan terkait pemain yang akan diturunkannya dalam laga itu. "Namun, kami akan melihat kondisi para pemain sebelum pertandingan," ujarnya.

 

Video Populer

Foto Populer