Sukses


Kemeriahan Piala AFF 2016 yang Tak Terasa di Filipina

Bola.com, Manila - Filipina menjadi tuan rumah babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016. Bola.com pun menyusuri pusat ibu kota Filipina, Metro Manila. Namun, sepanjang perjalanan hanya ada satu tempat yang dipasang umbul-umbul Piala AFF 2016.

Umbul-umbul Piala AFF 2016 hanya terpasang di highway (jalan tol). Itu pun hanya poster timnas Filipina yang terpampang. Sementara di tempat-tempat umum, seperti bandara, mall, dan tempat-tempat keramaian sama sekali tidak ada apapun yang berbau Piala AFF 2016.

Bola.com juga bertanya kepada beberapa warga dan banyak yang tidak mengetahui ada Piala AFF yang merupakan ajang sepak bola terbesar di Asia Tenggara.

"Sama sekali tidak tahu ada turnamen sepak bola besar di sini. Sepak bola tidak familiar di sini. Kalau ada pertandingan bola basket baru banyak promosi," kata Blas Manongsong, warga yang menetap di Bocaue, Bulacan.

"Di tempat saya tinggal baru sedikit karena komplek stadion (Philppine Sport Stadium) merupakan milik gereja nasrani dan lebih banyak kegiatan keagamaan di sana," imbuhnya.

Euforia Piala AFF di Manila kemungkinan akan terasa di beberapa hotel yang disiapkan AFF sebagai tempat menginap tim dan perangkat pertandingan. Untuk tempat menginap empat tim (Indonesia, Thailand, dan Singapura) di Novotel Araneta, Quezon City. Sementara, hotel ofisial dan panitia di Marco Polo, Origas, Metro Manila.

"Masyarakat Filipina belum terbiasa dengan pertandingan sepak bola, tapi sebenarnya the Azkals (julukan Timnas Filipina) sudah dikenal banyak orang. Mungkin karena pemain berasal dari banyak negara (keturunan), jadi belum terlalu dikenal," kata Diosdado Halili.

Ada dua stadion di Filipina yang digunakan untuk penyisihan grup Piala AFF 2016. Selain Philippine Sport Stadium, Stadion Rizal Memorial akan menjadi arena pertandingan Timnas Indonesia melawan Singapura pada 15 November 2016.

 

Video Populer

Foto Populer