Sukses


Ultras Filipinas dan Popularitas Duel Persib Vs Persija di Manila

Bola.com, Quezon City - Meski belum semeriah pertandingan basket, sepak bola, khususnya Piala AFF 2016 mendapat perhatian dari pecinta olahraga 11 vs 11 di Filipina. 

Saat ini sudah banyak anak-anak muda yang tergabung dalam kelompok suporter Ultras Filipinas. Jumlah mereka yang mendukung The Azkals di Philippine Sports Stadium sekitar 120 orang. Sebagai kalangan ultras, mereka mengenakan atribut hitam-hitam.

Ultras Filipinas sebenarnya sudah sejak Piala AFF 2014, saat timnas Filipina lolos ke semifinal. Hanya, pada waktu itu jumlah anggota mereka belum banyak, baru puluhan orang. Nah, momen Filipina menjadi tuan rumah Piala AFF 2016 inilah yang membuat jumlah Ultras Filipinas semakin banyak.

Meski gaung Piala AFF tak begitu terasa, para suporter menikmati pertandingan dengan cara mereka sendiri, yakni berinteraksi lewat media sosial. Selain itu, para suporter juga harus menempuh perjalanan jauh untuk mendukung Manny Ott dkk. 

"Mungkin bila pertandingan digelar di Stadion Rizal Memorial akan lebih banyak lagi suporter yang datang. Tapi , bagi kami hal itu tak masalah, sudah banyak fans sepak bola di Filipina dan siap mendukung The Azkals sampai lolos ke semifinal," kata Pedro Riviera Agustin, salah satu suporter dari Makati City.

Menariknya, kalangan Ultras Filipinas dan fans klub sepak bola Filipina mengakui terpengaruh dengan cara suporter Indonesia saat mendukung klub maupun tim nasional. Menurut mereka, suporter Timnas Indonesia adalah yang paling fanatik di Asia Tenggara.

"Di kalangan ultras, fans Indonesia terkenal. Baik di klub maupun yang kami lihat di pertandingan Indonesia melawan Thailand. Saya pikir hanya mereka yang mau membawa bendera raksasa ke negara lain, luar biasa," imbuhnya.

"Rivalitas suporter di Indonesia juga menarik, kami tahu dari media sosial," tutur Pedro.

Beberapa suporter Timnas Filipina juga mengenali sepak bola Indonesia. Tiga hal yang terkenal adalah Bambang Pamungkas, Persib Bandung, dan Persija Jakarta. Simak di halaman berikutnya.

 

Popularitas Bambang Pamungkas dan Duel Persib Vs Persija

Saat menghadiri sesi jumpa pers menjelang babak penyisihan Grup A Piala AFF 2016, Bola.com bertemu dengan salah satu suporter. Federasi Sepak Bola Filipina (PFF) memang mengundang beberapa suporter untuk menyaksikan sesi konferensi pers. Menariknya, suporter yang ditemui Bola.com pernah bekerja di Cikarang serta Jakarta dan sangat mengenal sepak bola Indonesia.

"Saya bekerja di Indonesia hampir empat tahun. Saat di Jakarta, saya beberapa kali menonton pertandingan di SUGBK, salah satunya saat Indonesia Selection melawan Bayern Munchen," kata Ted de Ocampo. 

Ted, yang juga menjadi konsultan bidang marketing di PFF ini, juga sering menyaksikan pertandingan siaran langsung ISL. Partai yang dia selalu tonton adalah Persija Jakarta melawan Persib Bandung.

"Saya baca-baca berita soal Persib dan Persija, pasti selalu panas. Itu sangat menarik buat saya," ucapnya. 

Suporter Timnas Filipina, Ted de Ocampo bersama jurnalis Bola.com di Hotel Marco Polo, San Juan, Filipina. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Ted lalu bertanya kepada Bola.com, kabar pemain-pemain Persija. Ted mengaku sangat mengagumi Bambang Pamungkas. "Wow, dia masih di Persija? Yang saya tahu di Twitter dia rajin menulis, ya?" kata Ted saat mengetahui Bepe masih aktif bermain.

"Rata-rata teman-teman saya di komunitas fans Manchester United Manila tahu Bambang Pamungkas. Mungkin cuma dia yang dihafal karena sudah bermain lama di timnas," ucapnya.

Ted mengaku ingin menanti kiprah Bepe menjadi pelatih, sama seperti Kiatisuk Senamuang yang menjadi pelatih Thailand senior sejak dua tahun lalu.

"Sepertinya akan menarik kalau Bambang menjadi pelatih Timnas Indonesia," pungkas Ted de Ocampo mengakhiri pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer