Sukses


Nilmaizar: Singapura Sekarang Tak Sekuat di Piala AFF 2012

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia di Piala AFF 2012, Nilmaizar, memberikan pesan jelang pertandingan antara Tim Garuda dengan Singapura di partai terakhir Grup A Piala AFF 2016 yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (25/11/2016). 

Nilmaizar, yang saat ini menangani Semen Padang, merupakan pelatih yang pernah berpengalaman menghadapi Singapura di Piala AFF 2012. Nilmaizar membawa Indonesia meraih satu-satunya kemenangan atas Timnas Singapura yang pernah diraih Indonesia di sepanjang sejarah turnamen sepak bola Asia Tenggara itu.

Namun, Nilmaizar menganggap Timnas Singapura saat ini tidak lebih kuat dari tim yang dihadapi oleh Andik Vermansah dkk. pada 2012. Saat itu Timnas Singapura berhasil mengalahkan Malaysia dan Laos di babak grup walau kalah 0-1 dari Timnas Indonesia berkat gol cantik Andik Vermansah. Bahkan Singapura akhirnya menjadi juara Piala AFF 2012 dengan mengalahkan Filipina di semifinal dan Thailand di partai puncak.

Jika Singapura menjadi tim yang sangat menyerang di Piala AFF 2012, saat ini tim asuhan Varadaraju Sundramoorthy itu bermain dengan bertahan total. Saat menghadapi Filipina, Timnas Singapura menerapkan formasi 5-4-1 dan bermain imbang tanpa gol. Sementara di laga kontra Thailand mereka kalah tipis 0-1 dengan formasi 4-5-1.

"Tim Singapura sekarang tidak sebagus tim pada 2012 yang berhasil mengalahkan malaysia 3-0 dan mengalahkan Laos 4-3. Mereka hanya kalah dari Indonesia 0-1. Namun, mereka tetap lolos ke semifinal dan menjadi juara Piala AFF 2012," ujar Nilmaizar kepada Bola.com, Jumat (25/11/2016).

"Jika melihat permainan tim Singapura dalam dua pertandingan kemarin, cara bermain dan motivasi Timnas Indonesia lebih bagus. Saya berharap semoga Timnas Indonesia tetap bermain agresif seperti ketika menghadapi Thailand dan Filipina," lanjut pelatih kelahiran Payakumbuh itu.

Pertandingan antara Timnas Indonesia dan Singapura di laga pamungkas Grup A Piala AFF 2016 ini akan menjadi laga yang sangat menentukan untuk mengetahui siapa yang berhak lolos ke semifinal menemani Thailand yang sudah dipastikan melangkah ke babak empat besar.

Singapura dan Indonesia harus meraih kemenangan untuk bisa lolos ke semifinal, itu pun masih bisa gagal jika Filipina bisa mengalahkan Thailand di pertandingan Grup A lainnya.

 

Video Populer

Foto Populer