Sukses


Stefano Lilipaly, Aktor Penentu Timnas Indonesia ke Semifinal AFF

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-1 atas Singapura di pertandingan terakhir Grup A Piala AFF 2016 di Stadion Rizal Memorial, Manila, Jumat (25/11/2016) malam. Setelah Andik Vermansah menyamakan kedudukan, pemain naturalisasi asal Belanda, Stefano Lilipaly, menjadi penentu kemenangan yang membawa Indonesia melangkah ke semifinal Piala AFF 2016.

Stefano Lilipaly memang menjadi pemain andalan Alfred Riedl sepanjang fase grup Piala AFF 2016. Pemain yang membela SC Telstar di Belanda itu baru bergabung dengan Timnas Indonesia saat menjalani laga uji coba kontra Vietnam di Hanoi pada 8 November 2016. Namun, pengalamannya bermain di kompetisi Eropa membuat Alfred Riedl mempercayakan lini tengah Tim Garuda kepadanya.

Hal tersebut sudah terlihat sejak pertandingan pertama kontra Thailand. Alfred Riedl lebih memilih memainkan Stefano Lilipaly sebagai gelandang serang dan membangkucadangkan Evan Dimas Darmono dalam pertandingan yang berakhir dengan skor 2-4 untuk kemenangan Thailand.

Merasa perlu memainkan Evan Dimas Darmono dalam laga kedua kontra tuan rumah Filipina, Alfred Riedl tidak lantas membuat Stefano Lilipaly menjadi cadangan. Pelatih asal Austria itu justru mempercayakan Evan Dimas dan Stefano Lilipaly bersama-sama menjadi gelandang tengah dan membangkucadangkan sang gelandang bertahan, Bayu Pradana, dalam pertandingan yang berakhir dengan skor imbang 2-2.

Begitu percayanya Alfred Riedl akan kehebatan Stefano Lilipaly di lini tengah Timnas Indonesia, Perubahan skema permainan di laga kontra Singapura pun tidak mengorbankan pemain naturalisasi itu. Alfred Riedl menggunakan formasi 4-2-3-1, dengan menempatkan Bayu Pradana dan Stefano Lilipaly di tengah dan Evan Dimas lebih maju ke depan.

Meski sempat tertinggal lebih dulu dari Singapura dalam pertandingan terakhir babak grup itu, skema permainan Tim Garuda menjadi lebih baik. Lini tengah Timnas Indonesia mampu mendominasi dengan Bayu Pradana membantu lini pertahanan dan Stefano Lilipaly mengatur irama di lapangan tengah walau serangan Timnas Indonesia kerap melalui sayap kiri.

Setelah Andik Vermansah mencetak gol penyeimbang kedudukan, Stefano Lilipaly menjadi pahlawan Timnas Indonesia. Mendapat umpan dari sisi kiri, pemain berusia 26 tahun itu tak membuang peluang ketika bola jatuh di depannya. Sebuah tembakan keras mendatar dilepaskan Stefano yang merobek jala gawang Singapura.

Stefano Lilipaly layak menjadi bintang dalam pertandingan ini setelah dengan apik mampu membuat lini tengah Timnas Indonesia mampu mendominasi pertandingan, sebuah gol penting pun dicetaknya untuk membawa Timnas Indonesia melangkah ke semifinal Piala AFF 2016

Video Populer

Foto Populer