Sukses


Thailand: Selamat Indonesia Lolos ke Semifinal Bersama Kami

Bola.com, Bocaue - Timnas Thailand berhasil memenuhi target yang sejak awal dicanangkan, yakni ke semifinal Piala AFF 2016 dengan nilai sempurna alias sapu bersih tiga pertandingan dengan kemenangan.

Pada partai terakhir penyisihan Grup A di Philippine Sports Stadium, Bocaue, Bulacan, Jumat (25/11/2016) malam, Timnas Thailand menumbangkan Filipina 1-0 berkat gol Sarawut Masuk menit ke-81.

Sebagai catatan, Sarawut Masuk juga menjadi pencetak gol tunggal sekaligus penentu The War Elephants ke semifinal saat mengalahkan Singapura di partai kedua (22/11/2016). Ketika itu, Sarawut Masuk menjebol gawang Singapura pada menit ke-89.

Thailand sempat kesulitan membongkar pertahanan tim tuan rumah lantaran Filipina lebih butuh kemenangan untuk semifinal. Saling serang terus terjadi hampir sepanjang pertandingan. Namun, mendekati akhir pertandingan, penampilan The Azkals menurun dan bisa dimanfaatkan Thailand dengan baik.

Seusai pertandingan, pelatih timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang, mengungkapkan ia mengganti hampir seluruh pemainnya di pertandingan ini alias menerapkan rotasi dari dua laga sebelumnya. Bukan bermaksud meremehkan lawan karena pelatih 43 tahun itu justru punya misi mulia.

"Kami ingin memajukan sepak bola ASEAN, bersama. Tapi, kami juga menginginkan sembilan poin untuk tim dan juga fans. Hari ini saya sangat bangga dengan para pemain. Kami masih punya pertandingan di fase selanjutnya. Pertandingan yang pastinya tidak akan mudah," kata Kiatisuk.

"Selamat juga untuk Indonesia, yang mengikuti kami ke semifinal," imbuh Kiatisuk dengan wajah semringah.

Kiatisuk Senamuang enggan memilih siapa lawan yang lebih ingin ditemui timnya di semifinal. Hingga Jumat malam ini, pilihan "yang tersedia" adalah di antara Malaysia atau Myanmar yang kemungkinan finis sebagai runner-up Grup B.

Penentuan siapa yang akan menemani Vietnam lolos ke semifinal dari Grup B itu, Myanmar vs Malaysia, dipertandingkan pada Sabtu (26/11/2016) di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar.

"Saya tidak bisa memilih karena kami akan bekerja keras. Lebih baik dijalani tahap demi tahap saja," ucap pelatih yang mantan striker andalan timnas Thailand era 90-an itu.

Sebaliknya, kemenangan Timnas Thailand ini berarti memupus asa Filipina ke semifinal sekaligus menghentikan catatan ke empat besar dalam tiga edisi Piala AFF. Alih-alih ke semifinal untuk keempat kalinya secara beruntun, timnas Filipina harus rela menelan pil pahit terhenti di penyisihan grup saat Piala AFF untuk kali pertama digelar di negara sendiri.

Video Populer

Foto Populer