Sukses


Kurnia Meiga Dikritik, Pelatih Kiper Arema Beri Pembelaan

Bola.com, Malang - Timnas Indonesia akhirnya memastikan diri ke semifinal Piala AFF 2016 dengan status sebagai runner-up Grup A. Di balik keberhasilan itu, ada sebuah catatan yang membuat fans tim Garuda sedikit waswas, yaitu mudahnya gawang timnas kebobolan. Total sudah ada tujuh gol yang bersarang ke gawang Kurnia Meiga.

Kiper 26 tahun asal Jakarta itu sempat jadi sasaran kritik di media sosial karena dianggap tampil kurang meyakinkan. Namun, pembelaan datang dari pelatih kiper di Arema Cronus, Yanuar 'Begal' Hermansyah.

Menurut Yanuar, banyaknya gol yang terjadi ke gawang timnas bukan mutlak kesalahan Kurnia Meiga. Lantaran penjaga gawang sehebat apapun jika tidak ditunjang dengan lini belakang, tengah dan depan yang kompak, juga pasti akan mudah kebobolan.

"Salah kalau yang menganggap timnas banyak kebobolan karena Meiga. Justru kalau tidak ada Meiga, mungkin lebih banyak lagi kebobolannya. Dia masih yang terbaik di Indonesia," kata Yanuar.

Mantan pelatih kiper Persela Lamongan itu juga berpesan agar Meiga kuat mental mendapatkan banyak tekanan. Yang terpenting, ia meminta agar kiper jebolan Diklat Ragunan itu fokus menatap semifinal Piala AFF 2016.

"Kebobolan banyak gol pasti jadi beban tersendiri bagi seorang kiper. Ada rasa bersalah. Makanya sekarang waktunya mendukung, bukan malah mencari kambing hitam. Tapi, saya yakin Meiga bisa mengatasi itu dan setiap pertandingan penampilannya akan terus meningkat," jelasnya.

Selain Meiga, sebenarnya lini belakang timnas juga jadi sorotan utama. Terutama penampilan bek muda Yanto Basna yang sering melakukan blunder. Beberapa kali timnas kebobolan akibat kecerobohannya.

"Sekarang bukan waktunya mencari siapa yang salah. Kiper, pemain belakang, tengah dan striker harus banyak komunikasi di lapangan," saran Yanuar.

Sebelum bergabung dengan timnas, Kurnia Meiga memang sempat mengalami cedera lutut sehingga dia melewatkan beberapa kali laga uji coba bersama timnas. Namun, pelatih Alfred Riedl jauh-jauh hari sudah memberikan garansi kalau kiper utama Arema itu masih jadi andalan di bawah mistar Timnas Indonesia.

 

Video Populer

Foto Populer