Sukses

Sulitnya Berburu Tiket Pertandingan Timnas Indonesia Vs Vietnam

Bola.com, Jakarta - Pertandingan semifinal leg pertama Piala AFF 2016 antara Timnas Indonesia versus Vietnam digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor, Sabtu (3/12/2016). Kapasitas stadion yang kecil membuat pencinta sepak bola nasional berebutan membeli tiket pertandingan. Tidak mudah untuk mendapatkan tiket menonton langsung aksi penggawa Tim Merah-Putih.

PSSI hanya menyediakan 27 ribu lembar tiket untuk suporter. Tiket tersebut akan mulai dijual secara online pada Rabu (30/11/2016).

Ketua Panitia Pelaksana PSSI, Yeyen Tumena mengungkapkan 27 ribu tiket tersebut hanya dijual secara online. Namun, ia belum bisa merinci alokasi tiket yang dibagi ke dalam tiga kategori yakni VIP, kategori 1 dan kategori 2.

Untuk tiket VIP akan dijual dengan harga Rp 300 ribu, kategori 1 (Rp 200 ribu), dan kategori 2 laga Timnas Indonesia melawan Vietnam dijual Rp 100 ribu.

"Penjualan 100 persen online, tidak ada penjualan tiket di hari H. Semuanya langsung dikelola oleh AFF. Thai Ticket Major (TTM) bekerja sama dengan kiostix," ujar Yeyen saat jumpa pers di kantor PSSI Pusat, Jakarta, Selasa (29/11/2016).

"Soal mekanisme kami juga belum tahu. Itu murni TTM sama kiostix. Desain dan juga pencetakan tiket mereka lakukan sendiri," ia menambahkan.

Terkait waktu pengambilan tiket yang dilakukan secara online, Yeyen menegaskan akan dilakukan H-1 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta. Hal ini yang dikeluhkan banyak orang.

Pasalnya, pada hari penukaran tiket bakal bertabrakan dengan demo politik. Mencuat kekhawatiran kalau pada hari Jumat (2/12/2016) ibu kota macet total.

"Kasihan suporter yg jauh-jauh datang dari luar kota. Mereka yang sudah terlanjur menginap di Bogor harus macet-macetan ke Jakarta bareng orang-orang yang melakukan demonstrasi hanya untuk menukarkan tiket. Semestinya penukaran tiket dilakukan di dekat Stadion Pakansari," protes Tessa Witarsa Abadi, salah satu suporter fanatik asal Jakarta yang rajin menonton pertandingan Timnas Indonesia. 

Proses pembelian tiket dinilai ribet, karena situs kiostix kerapkali down. "Saya coba berkali-kali kesulitan masuk ke situs. Duh, semestinya penjualan tiket dilakukan tidak hanya mengandalkan satu metode penjualan," ujar Andika Kurnia, warga Depok yang tinggal dekat dengan lokasi Stadion Pakansari.

"Serbasalah juga ini buat kami fans Indonesia dari luar Jawa. Mau pesan tiket pesawat ke Jakarta belum berani karena tiket belum ditangan. Jika nantu belakangan baru beli tiket penerbangan, harganya melonjak tajam. Sementara biaya menginap di Bogor juga tinggi," tutur Rudi, warga Palu.

Penjualan tiket pertandingan Indonesia Vs Vietnam dilakukan di luar kebiasaan PSSI. Biasanya otoritas sepak bola tertinggi Tanah Air, menggunakan beberapa metode.

PSSI biasanya juga membuka penjualan tiket lewat jalur langsung (ticket box) di area sekitar Stadion Utama Gelora Bung Karno, yang selama ini jadi venue pertandingan sepak bola kelas internasional.

PSSI memang terkesan panik mengatur penyelenggaraan pertandingan karena penetapan stadion yang dipakai menghelat pertandingan baru final ditentukan hanya sepekan jelang pertandingan. Renovasi SUGBK buat kepentingan Asian Games 2018 membuat Timnas Indonesia jadi tim musafir.

Pada masa persiapan jelang Piala AFF 2016, Timnas Indonesia sempat menggelar dua uji coba di Stadion Manahan, Solo (Vs Malaysia) serta Stadion Maguwoharjo, Sleman (Vs Vietnam). Saat itu mereka terbantu panpel klub Persis Solo dan PSS Sleman yang mengordinir penjualan tiket.

 

 

Sulitnya Berburu Tiket Pertandingan Timnas Indonesia Vs Vietnam

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer