Sukses


Lewati Neymar, Le Cong Vinh Dekati Rekor Gol Ronaldo dan Messi

Bola.com, Jakarta - Le Cong Vinh, kapten sekaligus pemain paling senior di timnas Vietnam, hingga saat ini telah mengukir sejumlah rekor personal bersama The Golden Stars, julukan timnas Vietnam.

Namun, masih ada satu rekor lagi yang sebenarnya bisa dikejar Le Cong Vinh, seandainya ia merevisi keputusannya untuk pensiun dari timnas Vietnam seusai Piala AFF 2016. Ya, Le Cong Vinh pada awal Juni lalu mengumumkan akan gantung sepatu dari timnas demi memberi kesempatan regenerasi di timnas Vietnam.

Padahal, Le Cong Vinh yang kelahiran 10 Desember 1985 ini baru akan berusia 31 pada tahun ini. Usia yang terbilang belum senja untuk pesepak bola. Apalagi, performanya bersama timnas Vietnam masih ciamik. Ia bukan hanya andalan di lini depan hingga saat ini, Le Cong Vinh adalah pemimpin dan anutan bagi rekan setimnya.

Bahkan akan sulit membayangkan pentas sepak bola Asia Tenggara tanpa kehadirannya dalam waktu dekat karena striker Becamex Binh Duong ini adalah salah satu penyerang terbaik di regional ASEAN.

Andai saja ia membatalkan niat gantung sepatu dari timnas, Le Cong Vinh punya kesempatan untuk melebihi catatan personal yang dibukukan dua megabintang sepak bola, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Seperti dilansir dari Vietnam News, Jumat (2/12/2016), torehan gol Le Cong Vinh selama membela timnas Vietnam (senior), yakni 51 gol, mendekati rekor Ronaldo dan Messi. Ronaldo hingga saat ini tercatat mengoleksi 63 gol sedangkan Messi punya torehan sebanyak 56 gol. Koleksi 51 gol Le Cong Vinh itu juga tinggal berselisih dua gol dari koleksi Wayne Rooney (53 gol).

2 dari 2 halaman

Target Realistis

Di sisi lain, koleksi 51 gol Le Cong Vinh yang punya 83 caps bersama The Golden Stars ini lebih banyak daripada torehan gol Neymar dan Robin van Persie. Bintang timnas Brasil dan Belanda itu sama-sama mengoleksi 50 gol.

Gol ke-51 Le Cong Vinh yang tercipta kala timnas Vietnam mengalahkan Kamboja 2-1 pada partai terakhir penyisihan Grup B Piala AFF 2016 (26/11/2016) membuat mantan striker Hanoi T&T itu berada di urutan ke-7 dalam daftar pengoleksi gol terbanyak di pentas internasional bersama timnas.

Waktu yang tersisa bagi Le Cong Vinh untuk mengejar selisih gol dengan Rooney, Messi, maupun Ronaldo tidak banyak lagi. Ia hanya memiliki dua partai bersama timnas Vietnam, yakni di semifinal Piala AFF 2016. Ditambah dua lagi di partai final, seandainya timnas asuhan pelatih Nguyen Huu Thang itu mengalahkan Indonesia dan tampil di final Piala AFF edisi ke-11 tahun ini.

Namun, sejauh ini striker yang pernah bermain di Liga Jepang bersama Consadole Sapporo itu bergeming. Ia tetap kukuh dengan keputusannya pensiun dari pentas internasional selepas Piala AFF 2016, apapun hasil yang diraih timnas Vietnam.

"Sepak bola mengantar saya pada banyak hal, termasuk penghargaan untuk saya dan keluarga, karena kerja keras saya. Sukses tidak akan datang pada orang yang malas," tuturnya dalam akun Facebook personalnya seperti dilansir dari Vietnam News.

"Saya mencintai sepak bola dan akan sangat merindukannya setelah pensiun dan saya mungkin akan menangis. Satu-satunya penyesalan saya adalah mungkin bila kami bisa tampil di final (Piala AFF), saya tidak sampai caps ke-100 bersama timnas. Tapi, saat ini saya ingin bermain dengan segenap kemampuan saya. Saya ingin mengakhiri karier dengan meraih kesuksesan di Piala AFF, trofi kedua saya," kata Vinh yang mengungkapkan keputusan pensiun adalah hal yang sulit namun harus dilakukannya.

Seperti halnya jargon sepak bola itu bundar, apapun memang masih bisa terjadi. Namun, satu yang lebih realistis dikejar Le Cong Vinh adalah merebut gelar top scorer sepanjang sejarah Piala AFF yang saat ini diduduki Noh Alam Shah dengan 17 gol.

Koleksi 15 gol yang dimiliki Le Cong Vinh, sangat mungkin bertambah. Tentu saja fans Timnas Indonesia berharap, Le Cong Vinh tidak akan menambah koleksi golnya saat bersua Tim Merah-Putih nanti.

Video Populer

Foto Populer