Sukses


Hansamu Yama Pranata Melepas Status Pesakitan

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil memetik kemenangan di semifinal leg pertama Piala AFF 2016 atas Vietnam. Dalam pertandingan di Stadoin Pakansari, Kabupaten Bogor, Sabtu (3/12/2016), Indonesia menang dengan skor 2-1 atas Vietnam.

Gol kemenangan Indonesia ditentukan lewat penalti kapten timnas Boaz Solossa pada awal babak kedua. Sebelumnya di babak pertama Indonesia dan Vietnam bermain sama kuat 1-1. Indonesia unggul lebih dulu lewat Hansamu Yama Pranata pada menit ketujuh. Kemudian gol balasan Vietnam hadir pada menit ke-17 lewat penalti Nguyen Van Quyet.

Dalam kemenangan Indonesia ini tampaknya Hansamu Yama pantas menjadi man of the match. Gol sundulan menyambut sepak pojok Rizki Pora, mampu membangkitkan semangat Indonesia yang dalam pertandingan ini sejatinya diposisikan sebagai underdog.

Permainan Hansamu Yama Pranata di lini belakang dalam pertandingan melawan Vietnam sangat bertenaga. Banyak intersep yang dilakukannya untuk menghalau serangan Vietnam. Tetapi, lebih penting dari itu adalah golnya di menit ketujuh berhasil membuat Indonesia keluar dari tekanan.

Berangkat ke Piala AFF seperti seorang pesakitan karena dianggap bertanggung jawab atas cederanya Irfan Bachdim, Hansamu Yama tampak ingin membayar "kesalahan" yang tidak disengaja dalam latihan beberapa hari jelang timnas berangkat ke Myanmar.

Benturannya dengan Irfan Bachdim yang membuat pemain keturunan Belanda itu cedera berat dan tidak bisa ikut Piala AFF, seperti terbayar lunas di pertandingan melawan Vietnam. Apalagi Hansamu Yama diturunkan dalam pertandingan ini sebagai pengganti bek tengah inti yang absen, yaitu Yanto Basna dan Fachrudin Wahyudi Aryanto.

Dipasang sebagai duet bek tengah dengan Manahati Lestusen, Hansamu Yama mampu mengawal barisan pertahanan Indonesia secara solid. Banyak serangan Vietnam yang tajam berhasil dimentahkan Hansamu Yama bersama rekan-rekannya di lini belakang.

Melihat performa Hansamu Yama di semifinal leg pertama Piala AFF ini, sepertinya pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, bakal pusing akan menurunkan siapa di leg kedua nanti. Apakah kembali memberi kepercayaan kepada Hansamu Yama Pranata atau mengembalikan duet bek tengah kepada Yanto Basna dan Fachrudin Aryanto yang selalu diturunkan di tiga laga penyisihan Grup A Timnas Indonesia.

 

Video Populer

Foto Populer