Sukses


Wasit Vietnam Vs Indonesia Pernah Pimpin Persib, Suka Cabut Kartu

Bola.com, Jakarta - Tidak bisa dimungkiri, sosok wasit serta para pertandingan yang bertugas ikut memengaruhi jalannya sebuah pertandingan. Meski tidak krusial, mencermati latar belakang wasit yang akan memimpin pertandingan sah-sah saja dilakukan satu tim tertentu. Semisal, mencermati rekam jejak wasit Fu Ming, yang akan memimpin duel leg kedua semifinal Vietnam kontra Timnas Indonesia.

Fu Ming belakangan dianggap kontroversial mengacu pada insiden penalti yang diberikannya pada Arab Saudi, 10 menit jelang bubaran, pada laga Arab Saudi vs Thailand di putaran ketiga kualifikasi Piala AFF 2018 Grup B Zona Asia (1/9/2016). 

Pada laga yang berakhir dengan kemenangan Arab Saudi itu, Fu Ming juga mengusir pemain Thailand akibat protes berlebihan. Selain itu, ia dinilai kontroversial karena hanya memberi tendangan bebas di saat semestinya memberi penalti pada Thailand di babak pertama.

Dari data yang dirangkum Bola.com dari berbagai sumber, penalti yang diberikan pada laga Arab Saudi vs Thailand itu jadi penalti keenam yang diberikan Fu Ming sejak 2014 di laga internasional. Secara spesifik, merupakan penalti ketiga yang diberikan pada tim tuan rumah.

Timnas Indonesia juga harus berhati-hati karena wasit asal China ini terkenal royal dalam memberikan kartu kuning maupun merah. Catatannya, Fu Ming sudah mencabut sebanyak 38 kartu kuning untuk tim tuan rumah dan 35 untuk tim tamu. Bila ditotal, jumlahnya sudah mencapai 73 kartu kuning keluar dari sakunya.

Wasit Fu Ming yang akan memimpin duel Vietnam vs Indonesia, saat memimpin partai IIC Dortmund vs Manchester City, Juli 2016. (Bola.com/Twitter)

Untuk kartu merah, Timnas Indonesia harus lebih waspada lagi karena wasit 33 tahun ini sudah memberi sebanyak empat kartu merah untuk tim tamu dan satu kartu merah untuk tim tuan rumah. Jumlah totalnya, lima kartu merah.

Selain itu, hal lain yang perlu diketahui tentang Fu Ming, sebelum memimpin duel Vietnam kontra Timnas Indonesia di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016), ia pernah mewasiti laga Persib Bandung di Piala AFC 2015.

Ketika itu Fu Ming memimpin partai Persib versus New Radiant di penyisihan Grup H Piala AFC 2015. Laga ini dipertandingkan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung pada 25 Februari 2015. Duel ini berakhir dengan skor 4-1 untuk Persib.

Pada pertandingan Persib vs New Radiant itu, Fu Ming mengeluarkan dua kartu kuning.

Di luar laga internasional resmi, Fu Ming pada 28 Juli 2016 memimpin pertandingan Borussia Dortmund kontra Manchester City di ajang Internasional Champions Cup (ICC). Laga ini dimainkan di Shenzhen Universiade Sports Centre, China. The Citizen unggul lewat penalti 6-5 setelah di waktu normal kedua tim bermain 1-1.

Kepemimpinan Fu Ming dan para asisten pelatih yang tegas dan adil pada laga Vietnam melawan Timnas Indonesia tentu diharapkan agar duel leg kedua semifinal itu berjalan lancar dan memberi kepuasan tidak hanya pada dua tim melainkan juga pendukung kedua tim.

 

Video Populer

Foto Populer