Sukses


Indonesia ke Final, Manahati Lestusen Berikan Gol untuk Aceh

Bola.com, Hanoi - Manahati Lestusen menjadi pemain yang menentukan langkah Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2016. Ia mencetak gol dari titik penalti pada masa perpanjangan waktu membuat Tim Merah Putih unggul agregat 4-3 atas Vietnam pada leg kedua semifinal di Stadion My Dinh, Hanoi, Rabu (7/12/2016).

*Laporan Juprianto Alexander dan Peksi Cahyo dari Vietnam

Sebelum gol itu, Timnas Indonesia harus melalu babak perpanjangan waktu karena Vietnam unggul 2-1 atas Indonesia selama 90 menit. Namun, keunggulan itu akhirnya berhasil disamakan oleh Tim Merah Putih berkat gol yang dicetak, Manahati.

Seusai pertandingan, Manahati mempersembahkan gol yang ia cetak untuk korban bencana alam di Pidie, Aceh. "Gol ini saya persembahkan untuk masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Aceh," kata pemain PS TNI ini di area mixed zone kepada wartawan.

Soal keberaniannya menjadi eksekutor, Manahati mengaku bahwa ia sempat ditanya oleh rekan-rekan setimnya. Namun, mantan kapten Timnas Indonesia U-23 itu dengan tegas menyatakan kesiapannya untuk mengeksekusi tendangan 12 pas.

Manahati menjadi pilihan pertama sebagai eksekutor penalti karena kapten tim, Boaz Solossa sudah lebih dahulu digantikan oleh Ferdinand Sinaga pada pertengahan babak kedua.

"Memang saya sempat ditanya oleh teman-teman, namun saya sudah mantap untuk menendang penalti itu. Saya juga penendang penalti kedua setelah Boaz," ia menuturkan.

Sementara itu, dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia akan menunggu Thailand atau Myanmar yang akan menjadi lawan di partai puncak. Pertandingan final Piala AFF 2016 akan berlangsung pada 14 dan 17 Desember 2016.

Video Populer

Foto Populer