Sukses


Fairy Tale Timnas Indonesia dan Bukti Ucapan Kiatisuk Senamuang

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Thailand, Kiatisuk Senamuang punya kesan tersendiri terhadap Timnas Indonesia. Kedua tim berada di Grup A babak penyisihan Piala AFF 2016.

Thailand mengalahkan Indonesia dalam laga pembuka dengan skor 4-2, Sabtu (19/11/2016) di Philippine Sport Stadium. Namun, dalam laga tersebut, Indonesia sempat menyamakan kedudukan 2-2 setelah teringgal 0-2. Dua gol Indonesia dicetak oleh Boaz Solossa dan Lerby Eliandry.

Semenjak turnamen ini bergulir, Kiatisuk beberapa kali menyebut ada sesuai dalam Timnas Indonesia yang membuatnya pantang menganggap remeh. Sesuai laga babak penyisihan melawan skuat Garuda, Kiatisuk juga terkejut dengan penampilan Indonesia.

"Setelah kedudukan imbang saya pun cemas dan saya pikir Indonesia mengejutkan," kata Kiatisuk.

Setelah Boaz dan Lerby mencetak gol, wajah Kiatisuk dalam pertandingan itu memang terlihat cemas. Anak buahnya memang belum tampil maksimal karena kelelahan setelah menjalani laga melawan Australia.

Boaz Solossa mencetak gol kegawang Thailand  pada laga AFF Suzuki Cup 2016 di Philippine Sports Stadium, Sabtu (19/11/2016). (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Dan memang, sepanjang turnamen, hanya Indonesia yang mampu membobol gawang Thailand. Selebihnya, Thailand sangat mulus dalam menjalani laga, meskipun hanya menang tipis 1-0 atas Singapura yang bermain bertahan dan 1-0 melawan Filipina.

Menariknya lagi, Kiatisuk langsung berkomentar tentang Timnas Indonesia setelah timnya mengalahkan Filipina 1-0 dalam laga terakhir babak penyisihan. Pada saat yang sama, Indonesia juga mengalahkan Singapura 2-1. Dua hasil itu yang akhirnya menentukan Indonesia ke babak semifinal.

"Selamat buat Indonesia, saya harap kita bertemu di final," ucap pelatih yang menggemari Kurniawan Dwi Yulianto.

Ucapan dan harapan Kiatisuk akhirnya terbukti. Thailand menantang Timnas Indonesia di final yang digelar pada 14 Desember (di Indonesia) dan 17 Desember di Bangkok.

Di sisi lain, media-media Vietnam menyebut Timnas Indonesia lolos ke final adalah seperti dongeng. Bahkan ada menyebut gol pertama Indonesia saat menahan Vietnam 2-2 adalah gol yang jatuh dari langit.

Video Populer

Foto Populer