Sukses


3 Pemain Indonesia Masuk Tim Terbaik Semifinal Piala AFF 2016

Bola.com, Jakarta - Tiga pemain Timnas Indonesia plus pelatih Alfred Riedl masuk daftar tim terbaik semifinal Piala AFF 2016 versi ESPN. Tiga pemain Tim Merah-Putih itu adalah Manahati Lestusen, Fachrudin Wahyudi Aryanto, dan Stefano Lilipaly. Sementara Alfred Riedl jadi pelatih terbaik.

ESPN pada Sabtu (10/12/2016) menampilkan tim terbaik semifinal. Dengan menggunakan skema 3-4-3, ESPN memilih Manahati dan Fachrudin bersama Tanaboon Kesarat di posisi bek. Sementara Lilipaly jadi salah satu pemain sayap.

Secara khusus, Manahati terpilih masuk tim terbaik karena dianggap gelandang rajin dan fleksibel. Bermain sebagai bek tengah di leg pertama menggantikan salah satu dari duet Fachrudin Wahyudi Aryanto-Rudolof Yanto Basna yang absen karena terkena akumulasi kartu kuning, ia dinilai punya peran penting dalam menjaga pergerakan Le Cong Vinh dan Nguyen Van Quyet.

Kemudian di leg kedua melawan Vietnam, ia kembali tampil disiplin dan rajin. Di lini tengah Timnas Indonesia, bahu-membahu bersama Bayu Pradana, Manahati juga dianggap tangguh saat berani mengambil penalti di depan puluhan ribu suporter Vietnam untuk membawa skor jadi 2-2.

Fachrudin juga dianggap pantas masuk tim terbaik karena performanya di leg kedua semifinal, setidaknya selama 70 menit pertandingan kontra Vietnam di Hanoi. Selama durasi itu, ia cukup sibuk mengadang serangan The Golden Stars.

Tegas dan kuat di udara, tangguh menghalau lawan, cukup vokal dalam berkomunikasi di lini belakang jadi beberapa kelebihan bek Sriwijaya FC itu.

Penilaian positif juga diterima Stefano Lilipaly. Ia masuk tim terbaik di posisi pemain sayap bersama Theerathon Bunmathan (Thailand). Selain keduanya, lini tengah tim terbaik semifinal versi ESPN ini diisi Sarach Yooyen (Thailand) dan Luong Xuan Truong (Vietnam).  

Lilipaly menyingkirkan pemain Thailand, Tristan Do, untuk posisi ini di tim terbaik. Fleksibilitas, kemampuan tekel, energi, dan kemauannya untuk selalu menekan lawan membuktikan ia bisa bermain sama bagusnya di posisi manapun di lapangan.

Sementara untuk tiga pemain di lini depan, ESPN menjatuhkan pilihan pada Le Cong Vinh, Teerasil Dangda, dan Chanathip Songkrasin. Untuk kiper, Kawin Thamsatchanan mengalahkan Kurnia Meiga yang juga jadi nominasi. 

Bila ditotal, ada enam pemain Thailand yang masuk tim terbaik sedangkan Timnas Indonesia diwakili tiga pemain. Vietnam mengirim dua pemain sementara tidak ada satu pun pemain Myanmar yang masuk daftar.

 

Video Populer

Foto Populer