Sukses


Wasit Indonesia Vs Thailand Pernah Cabut Kartu Merah pada Detik 9

Bola.com, Jakarta - Asosiasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) selaku penyelenggara Piala AFF 2016 sudah merilis tim perangkat pertandingan yang akan bertugas memimpin duel leg pertama final Piala AFF tahun ini, mempertemukan Timnas Indonesia versus Thailand. Laga puncak pertama ini dimainkan di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Rabu (14/12/2016).

Tim perangkat pertandingan yang bertugas di leg pertama final ini seluruhnya berasal dari Jepang. Mereka adalah Iida Jumpei (wasit), Yagi Akane (asisten wasit I), Ochi Shinji (asisten wasit II), Okabe Takuto (wasit keempat).

Dari penelusuran yang dilakukan Bola.com, dari 51 pertandingan internasional yang dipimpinnya sejak 2012 hingga saat ini, Iida Jumpei tercatat sudah memberikan 13 penalti (tujuh untuk tim tuan rumah, enam untuk tim tamu). Sebanyak total enam kartu merah (lima untuk tim tuan rumah dan satu untuk tim tamu) dicabut dari sakunya, serta ia sudah mengeluarkan total 165 kartu kuning.

Bila dibandingkan, terutama dari rekor kartu merah yang diberikan, wasit Iida Jumpei terbilang irit kartu daripada wasit Fu Ming yang memimpin duel Vietnam kontra Indonesia di partai leg kedua semifinal Piala AFF 2016.

Fu Ming, terhitung sejak 2014 dari 25 pertandingan, sudah memberi enam penalti dan lima kartu kuning. Ia juga mengusir kiper Vietnam saat menjamu Indonesia.

Wasit Iida Jumpei tercatat pernah memimpin laga Timnas Indonesia. Bukan timnas senior melainkan timnas U-16 pada kualifikasi Piala AFC U-16 2012. Tepatnya, saat Timnas Indonesia U-16 mengalahkan Guam U-16 17-0 pada 17 September 2011 dan kala kalah 2-5 dari Australia U-16 pada 22 September 2011.

Iida Jumpei juga pernah memimpin pertandingan yang melibatkan klub Indonesia. Pada 26 Februari 2013, ia memimpin pertandingan penyisihan Grup F Piala AFC 2013, antara Yangon United versus Persibo Bojonegoro di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar. Pertandingan itu berakhir dengan skor 3-0 untuk tuan rumah.

Meski terbilang irit kartu, Iida Jumpei dikenal dengan ketegasannya. Wasit berusia 35 tahun ini memecahkan rekor dunia pemberi kartu merah tercepat saat bertugas di kompetisi liga Jepang, J-League, dengan mengusir gelandang Tokyo Verdy, Tomo Sugawara, pada detik kesembilan dalam pertandingan melawan Sagan Tosu pada 15 April 2009.

 

Video Populer

Foto Populer