Sukses


Timnas Indonesia Datangkan Rezeki Berlimpah bagi Warga Cibinong

Bola.com, Cibinong - Keputusan PSSI memilih Stadion Pakansari sebagai lokasi pertandingan final leg pertama Piala AFF 2016 yang mempertemukan Timnas Indonesia kontra Thailand menghidupkan geliat perekonomian di kawasan Cibinong, Bogor.

Di area sekitar stadion mendadak bermunculan lapak-lapak jualan makan-minuman serta aksesoris berbau Tim Merah-Putih.

Stadion Pakansari sendiri mendadak seperti objek wisata. Sejak awal pekan ini ramai dikunjungi warga sekitar Depok dan Bogor. Mereka datang untuk sekadar berfoto-foto atau mengintip aktivitas latihan kedua tim yang bertanding dari jarak jauh.

Latihan Indonesia dan Thailand digelar tertutup, hanya terbuka buat awak media. Untuk bisa masuk area ring satu stadion seseorang harus memiliki ID khusus.

Masyarakat yang datang ke stadion hanya bisa melihat aktivitas tim dari jarak yang relatif jauh area parkir kendaraan. Walau begitu mereka tetap terlihat antusias.

Bola.com melihat langsung keriuhan suporter mengelu-elukanĀ Timnas Indonesia saat mereka masuk area stadion untuk menjalani sesi latihan pada Selasa (13/12/2016) sore.

Teriakan Indonesia... Indonesia.... Indonesia lantang terdengar. Warga di balik pagar yang tinggi sibuk mengabadikan foto penggawa Tim Garuda dari jauh.

Walau hanya bisa melihat dari kejauhan mereka sudah cukup bahagia. "Selama ini saya tidak pernah bisa melihat langsung pemain Timnas Indonesia. Sekarang baru kesampaian, walau memang juga tak bisa berinteraksi dengan mereka. Semoga Indonesia juara Piala AFF 2016!" ujar Syaifuddin, warga Depok Lama yang datang ke stadion bersama anak-istri.

Tak hanya cuci mata menyaksikan bintang-bintang pujaan, masyarakat juga sibuk wisata kuliner di lapak-lapak makanan yang ada di area sekitar stadion. Di sisi lain mereka juga sibuk belanja aksesoris berbau Timnas Indonesia.

2 dari 2 halaman

Parkir Liar Berjamur

Padahal banyak di antara mereka tak memiliki tiket pertandingan, karena memang jumlah tiket yang dilepas ke pasaran oleh PSSI jumlahnya amat terbatas. Hanya 30 ribu orang yang bisa jadi saksi hidup pertandingan Timnas Indonesia Vs Thailand.

Para pedagang di area sekitar stadion mengaku menikmati untung yang lumayan.

"Biasanya kalau yang bertanding PS TNI atau Persikabo Bogor, jumlah penonton yang datang tidak sebanyak ini. Mereka pun hanya datang pada hari H pertandingan. Nah kalau pertandingan Timnas Indonesia, mereka menyerbu stadion tidak pada hari pertandingan saja, tapi juga pada saat sesi latihan," ungkap salah satu pedagang cemilan yang biasa mangkal di area parkiran Stadion Pakansari.

Lonjakan pemasukan pedagang terhitung lumayan besar, bisa sampai 300 persen dibanding biasanya.

Menariknya walau momentum pertandingan Piala AFF 2016 barang langka, mereka tidak mengetok harga tinggi buat barang jualannya.

Ambil contoh para pedagang jersey atau syal Timnas Indonesia yang menjual barang dagannya dengan harga murah kisaran 25 sampai 100 ribu rupiah. Mereka sadar jika memaksa mengambil untung gede, barang dagannnya terancam tidak laku.

Barang-barang dagangan berasal dari area Tanah Abang, Jakarta, yang selama ini dikenal sebagai pusat grosiran pakaian.

Tak hanya pedagang saja yang menikmati keuntungan materi, tapi juga para penjaga parkiran liar. Mendadak bermunculan parkiran motor dan mobil di area Jl. Pemda Bogor yang letaknya 2 km dari Stadion Pakansari.Ā  Biaya parkir yang dipatok kisaran dua ribu hingga lima ribu rupiah.

"Sering-sering saja Timnas Indonesia main di sini, biar rezeki kami makin bagus," tutur Udin, salah seorang penjaga parkir liar.

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

Ā 

Video Populer

Foto Populer