Sukses


4 Pemain Pilar Thailand yang Bisa Buat Timnas Indonesia Merana

Bola.com, Jakarta - Timnas Thailand berambisi membalikkan keadaan saat menjamu Timnas Indonesia pada leg kedua final Piala AFF 2016 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Sabtu (17/12/2016).

Tim asuhan Kiatisuk Senamuang bertekad membalas kekalahan 1-2 yang mereka alami pada leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, 14 Desember. Saat itu, gol dari Teerasil Dangda tidak cukup bagi Thailand untuk mengamankan hasil positif karena gol Rizky Pora dan Hansamu Yama membuat mereka harus tertunduk lesu.

Kepercayaan diri untuk melakukan revans juga diungkapkan sang pelatih, Kiatisuk Senamuang. Juru racik formasi The War Elephants ini mengungkapkan timnya bakal tampil habis-habisan di hadapan publik sendiri demi misi meraih gelar kelima mereka di turnamen paling bergengsi se-Asia Tenggara ini.

Kiatisuk tak asal bicara. Timnas Thailand memang punya materi pemain yang sangat memadai untuk mewujudkan misi balas dendam setelah takluk pada pertemuan terakhir melawan Timnas Indonesia.

Mulai dari lini belakang hingga depan Timnas Thailand diisi para pemain dengan kemampuan yang bagus. Namun demikian, hanya ada empat pemain versi Bola.com yang bisa membuat Timnas Indonesia gigit jari pada laga Sabtu malam nanti. Berikut daftarnya:

 

2 dari 5 halaman

Teerasil Dangda

Enam gol yang sudah dicetak Teerasil Dangda menjadi bukti bahwa striker Muangthong United ini merupakan momok bagi kiper lawan di Piala AFF 2016.

Menariknya, empat dari enam gol yang dijaringkan mantan striker klub Spanyol, Almeria ini dilakukan ke gawang Indonesia. Mulai dari hattrick ke gawang Kurnia Meiga di babak penyisihan grup hingga satu gol di leg pertama final Piala AFF 2016.

Sementara itu, dua gol lainnya diceploskan Teerasil saat Thailand mengalahkan Myanmar 2-0 pada leg pertama semifinal Piala AFF 2016.

Bermain di kandang, Teerasil tentu akan menjadi andalan untuk menjebol gawang Kurnia Meiga. Kans itu terbuka karena sepanjang turnamen kali ini Kurnia Meiga tidak pernah sekalipun mampu melakukan cleansheet.

3 dari 5 halaman

Theerathon Bunmathan

Pemain Thailand ini memiliki akurasi yang sangat baik saat melepaskan umpan silang. Hal itu juga ia buktikan saat memberikan assist untuk yang dicetak Teerasil Dangda pada leg pertama final, empat hari lalu.

Selain jago mengirimkan umpan silang, Theerathon juga memiliki visi bermain yang cukup baik. Pemain berusia 26 tahun ini juga piawai dalam melakukan umpan kombinasi satu-dua untuk mengelabui pertahanan lawan.

Menariknya, Theerathon juga memiliki kemampuan untuk bermain di banyak posisi. Selain posisi sayap kiri, Theerathon juga kerap tampil bagus saat bermain di posisi bek kiri maupun bek tengah, posisi yang ia tempati saat meladeni Timnas Indonesia pada leg pertama final.

Sejauh ini, Theerathon sudah memberikan tiga assist bagi rekan setimnya di Piala AFF 2016. Selain itu, ia mengoleksi satu gol yang dicetak melalui titik penalti saat menang 4-0 atas Myanmar pada leg kedua semifinal Piala AFF 2016.

4 dari 5 halaman

Tristan Do

Pemain berdarah Prancis ini tidak tergantikan posisi di posisi sayap kanan Timnas Thailand. Ia selalu menjadi pilihan utama Kiatisuk Senamuang untuk mengacaukan pertahanan tim-tim lawan lewat kecepatan menusuk dari sisi sayap kanan.

Meski belum memberikan assist maupun mencetak gol di Piala AFF 2016, peran Tristan tetap sentral bagi The War Elephants. Maklum, pemain yang sudah mengantongi 18 caps bersama Timnas Thailand ini selalu tampil konsisten. Ia punya kemampuan bertahan dan menyerang yang hampir sama baiknya.

Penampilan konsisten itu juga diperlihatkan Tristan saat takluk dari Timnas Indonesia 1-2 pada leg pertama final Piala AFF 2016. Ia membuat repot dua pemain Timnas Indonesia yang berada di sektor bek kiri, Rizki Pora dan Abduh Lestaluhu.

Dengan motivasi yang tinggi plus dukungan bermain di hadapan publik sendiri, Tristan tentu akan bermain habis-habisan demi mengamankan gelar juara Piala AFF 2016.

5 dari 5 halaman

Chanathip Songkrasin

Pemain yang dijuluki "Messi Jay" ini merupakan salah satu pemain pilar di skuat Timnas Thailand. Meski posturnya terbilang mungil, 158 cm, namun kontribusinya sangat besar untuk Timnas Thailand.

Chanathip selalu menjadi pilihan utama Kiatisuk untuk menempati posisi gelandang serang dalam formasi 3-4-1-2. Sampai dengan saat ini, kontribusi dari pemain Muanghthong United ini juga terbilang positif.

Saat ini, Chanathip sudah mencetak satu gol dan satu assist dari tujuh pertandingan yang dilalui Timnas Thailand. Torehan yang tidak terlalu buruk untuk pemain yang sempat satu klub dengan Greg Nwokolo di BEC Tero Sasana.

Video Populer

Foto Populer