Sukses


5 dari Top 10 Gol Piala AFF 2016 Terjadi ke Gawang Indonesia

Bola.com, Jakarta - AFF Suzuki Cup merilis 10 gol terbaik selama berlangsungnya Piala AFF 2016. Salah satu dari 10 gol terbaik itu adalah gol Andik Vermansah ke gawang Singapura di laga terakhir Grup A Piala AFF 2016. Namun, lima dari 10 gol terbaik itu justru terjadi ke gawang Timnas Indonesia.

Satu-satunya gol Timnas Indonesia yang masuk dalam 10 gol terbaik di Piala AFF 2016 adalah milik Andik Vermansah. Gol dengan tendangan first time yang dilakukan pemain kelahiran Jember ke gawang Singapura memang luar biasa. Bahkan menginspirasi Timnas Indonesia meraih kemenangan 2-1 dan lolos ke semifinal Piala AFF 2016 berkat gol tambahan dari Stefano Lilipaly.

Namun, ada satu hal yang menarik dalam daftar 10 gol terbaik itu. Dari 10 gol itu ada lima gol di antaranya memperlihatkan bagaimana kiper Timnas Indonesia, Kurnia Meiga, tidak berhasil menyelamatkan gawangnya dari kebobolan.

Jika diurutkan dari pertandingan pertama hingga pertandingan final yang dimainkan oleh Timnas Indonesia, gol kedua Teerasil Dangda saat mencetak hattrick di laga perdana Grup A Piala AFF 2016 menjadi yang pertama. Teerasil Dangda mendapatkan umpan dari Sarach Yooyen dan melepaskan tembakan keras mendatar yang menghujam sudut bawah gawang Kurnia Meiga.

Gol kedua ke gawang Timnas Indonesia yang masuk dalam jajaran 10 besar gol terbaik menjadi milik kapten Timnas Filipina, Phil Younghusband. Dalam kondisi tertinggal 1-2 dari Timnas Indonesia di pertandingan kedua Grup A, Filipina mendapatkan kesempatan melalui tendangan bebas setelah Younghusband dilanggar Zulham Zamrun di dekat kotak terlarang.

Eksekusi bola mati Younghusband pun sangat luar biasa. Kapten Timnas Filipina itu mengarahkan bola ke sudut atas gawang Timnas Indonesia yang tidak berhasil dijangkau oleh Kurnia Meiga.

2 dari 2 halaman

Mayoritas Grup A

Sementara gol ke gawang Timnas Indonesia ketiga yang masuk dalam 10 besar gol terbaik di Piala AFF 2016 diciptakan oleh pemain Timnas Singapura, Khairul Amri.

Pemain veteran Timnas Singapura itu berhasil membawa timnya unggul dengan sebuah gol hasil tendangan salto di dalam kotak penalti Timnas Indonesia. Namun, sayangnya gol Khairul Amri itu tak mampu menyelamatkan Singapura yang akhirnya kalah 1-2 dari Timnas Indonesia dan tersingkir dari Piala AFF 2016.

Gol pemain Timnas Vietnam, Vu Van Thanh, ke gawang Timnas Indonesia di leg kedua semifinal Piala AFF 2016 pun masuk dalam 10 gol terbaik di Piala AFF 2016.

Mendapatkan umpan pendek tendangan bebas Pham Thanh Luong, Vu Van Thanh melepaskan tembakan mendatar yang melewati sejumlah pemain sebelum akhirnya masuk melalui sudut bawah kiri gawang Timnas Indonesia yang dikawal Kurnia Meiga. Gol ini menjadi inspirasi Vietnam untuk bangkit dari ketertinggalan dalam pertandingan tersebut.

Sementara itu, satu gol terakhir ke gawang Timnas Indonesia yang masuk dalam jajaran top 10 gol terbaik Piala AFF 2016 adalah gol kedua striker Timnas Thailand, Siroch Chatthong, pada leg kedua final Piala AFF 2016. Siroch Chatthong mendapatkan umpan dari Chanatip Songkrasin dan dengan tenang melepaskan bola yang mengarah ke tiang jauh gawang Timnas Indonesia. Kurnia Meiga pun harus memungut bola dan Timnas Indonesia kalah 0-2 dalam laga terakhir Piala AFF 2016 itu.

10 gol terbaik Piala AFF 2016 versi AFF Suzuki Cup:

 1. Siroch Chatthong 	Thailand vs Myanmar	leg 2 semifinal Piala AFF 2016
 2. Vu Van Thanh 	Vietnam vs Indonesia 	leg 2 semifinal Piala AFF 2016
 3. Andik Vermansah 	Singapura vs Indonesia	Grup A Piala AFF 2016
 4. Syazwan Zainon 	Malaysia vs Kamboja	Grup B Piala AFF 2016
 5. Teerasil Dangda 	Thailand vs Indonesia 	Grup A Piala AFF 2016
 6. Aung Thu 		Myanmar vs Vietnam 	Grup A Piala AFF 2016
 7. Siroch Chatthong 	Thailand Vs Indonesia	leg 2 final Piala AFF 2016
 8. Khairul Amri 	Singapura vs Indonesia	Grup A Piala AFF 2016
 9. Phil Younghusband 	Indonesia vs Filipina	Grup A Piala AFF 2016
10. Chreng Polroth 	Vietnam vs Kamboja	Grup B Piala AFF 2016

Video Populer

Foto Populer