Sukses


Eks Pelatih Timnas Minta PSSI Cari Solusi untuk Lisensi Nasional

Bola.com, Bandung - Harapan besar diapungkan para pelatih bersertifikat A Nasional kepada para pengurus PSSI Pusat di bawah komando Edy Rahmayadi jelang Kongres tahunan PSSI yang rencananya akan digelar di Bandung, Minggu (8/1/2017).

Para pelatih berlisensi A Nasional ini berharap Kongres membahas juga nasib mereka untuk ke depannya. Pasalnya, hingga saat ini tidak jelas kegunaannya, padahal itu adalah produk PSSI, sementara klub-klub saat ini mewajibkan pelatih memiliki sertifikat A AFC dan asisten pelatih B AFC.

"Kami mohon PSSI memberikan penjelasan kepada kami mumpung nanti ada Kongres PSSI, soal nasib kami yang bersertifikat A Nasional. Sekarang harus bersertifikat AFC sementara pelatih-pelatih dulu banyak yang A Nasional," ujar Nandar Iskandar, eks pelatih Timnas Indonesia (1999-2000), Kamis (5/1/2017) di Bandung.

Menurut Nandar, sertifikat lisensi A Nasional seharusnya bisa disetarakan dengan lisensi AFC, entah itu A AFC, B AFC, atau C AFC. Pasalnya, secara materi dan kurikulum yang diberikan di AFC tidak jauh beda dengan A Nasional.

"Kalau menurut saya lisensi A Nasional itu setaranya dengan A AFC, karena saya yakin kurikulumnya sama dengan AFC," imbuh Nandar yang didampingi eks pelatih Persikab Kabupaten Bandung, Yudi Septiawan.

Masalah tersebut lanjut Nandar harus segera ada penjelasan dari PSSI kira-kira setaranya di mana, sehingga para pelatih A Nasional bisa melanjutkan untuk menempuh sertifikat AFC. "Bagaimana kami mau bekerja (jadi pelatih), sementara sebuah tim harus bersertifikat A AFC. Apa yang harus kami tempuh," ungkap Nandar.

Diakui Nandar, saat ini pelatih yang bersertifikat A Nasional ada sekitar 75 orang, sedang yang bersertifikat B Nasional mencapai ratusan orang, begitu juga dengan lisensi C Nasional.

Mantan pemain Persib era 70-80-an menambahkan, dalam Kongres PSSI, tidak hanya fokus utama membahas ke tim nasional, kompetisi, dan lainnya, tapi masalah kepelatihan juga harus menjadi perhatian, ketentuan, dan penjelasan dari PSSI sehingga tidak membingungkan.

Sementara Amir Yusuf Pohan, eks pelatih Persiba U-21 menyatakan hingga saat ini PSSI memang belum ada penyetaraan lisensi A Nasional. "Ada kabar burung lisensi A Nasional tidak berlaku maka itu kami mempertanyakan juga kebenarannya," ucap Amir.

Amir juga berharap soal kejelasan pelatih lisensi A Nasional tersebut apakah boleh jadi pelatih klub Liga Nusantara atau Divisi Utama. "Ini harus dijelaskan di Kongres PSSI nanti agar pemilik klub tahu," tegasnya.

Video Populer

Foto Populer