Sukses


Alberto Zaccheroni Sempat Masuk Kandidat Pelatih Timnas Indonesia

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Timnas Jepang Alberto Zaccheroni ternyata masuk kandidat pelatih Timnas Indonesia. Mantan pelatih AC Milan masuk daftar pertama sebelum PSSI mendekati Luis Fernandez.

Sumber Bola.com dari lingkup Exco PSSI menyebutkan, Alberto Zaccheroni, yang sejak 2016 menangani klub China Beijing Guoan FC menjadi pilihan pertama karena kesuksesannya menangi Jepang pada 2010-2014. 

Di tangan Alberto Zaccheroni, Jepang meraih juara Piala Asia 2011. Dia mundur setelah perhelatan Piala Dunia 2014 dan Jepang tereliminasi dari babak penyisihan grup. Namun, untuk mendatangkan Alberto, PSSI mengalami kendala banderol sang pelatih. Selain itu, Alberto masih terikat kontrak dengan Beijing Guoan hingga pertengahan 2017.

"Sempat ada usulan Alberto Zaccheroni dan ditindaklanjuti tetapi gajinya terlalu mahal. Memang sepadan dengan pengalaman dia di sepak bola Asia," kata sumber tersebut.

Pada akhirnya, muncul nama Luis Fernandez sebagai kandidat baru. Mantan pelatih PSG akan menangani Timnas Indonesia senior dan U-22 yang akan berlaga di SEA Games. Belakangan, muncul nama baru yakni Luis Milla, pelatih asal Spanyol yang membawa Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 pada 2011.

"Kandidatnya ada dua, yakni Luis Fernandez dan Luis Milla," kata Edy, menyebut calon resmi pelatih timnas senior dan timnas U-22.

Nama Luis Milla mencuat pada Minggu (8/1/2017) sebelum Kongres PSSI berlangsung. Pelatih yang menangani Real Zaragosa pada 2016 menjadi alternatif baru.

Sementara, untuk pelatih Timnas U-19 ada dua kandidat, yakni Indra Sjafri dan Wolfgang Pikal dan untuk Timnas U-16 Rudy Eka Priyambada dan Fachri Husaini. Rencananya, PSSI akan mengumumkan nama pelatih Timnas Indonesia satu pekan setelah Kongres PSSI.

Video Populer

Foto Populer