Sukses


Kapten dan Pelatih Timnas Malaysia Pilih Ronaldo, Indonesia?

Bola.com, Jakarta - The Best FIFA Men's Player of The Year 2016 atau penghargaan pesepak bola terbaik dunia untuk kategori pria versi FIFA memunculkan Cristiano Ronaldo sebagai pemenang. 

Dalam acara penghargaan di Zurich, Swiss, Senin (9/1/2017), kapten timnas Portugal sekaligus megabintang Real Madrid itu mendapat jumlah suara paling banyak dibandingkan nomine lain. 

Seperti diketahui, penghargaan pemain terbaik (pria dan wanita), pelatih terbaik ditentukan dengan mekanisme voting. Setiap kapten dan pelatih timnas dari seluruh anggota FIFA berhak masing-masing memilih tiga kandidat. 

Seluruh pilihan itu diranking FIFA dengan penghitungan, pilihan pertama mendapatkan poin lima, pilihan kedua (tiga poin), dan pilihan ketiga (satu poin).

FIFA dengan gamblang mencatumkan seluruh pilihan para kapten dan pelatih timnas, untuk empat kategori itu (pemain terbaik pria dan wanita, pelatih terbaik pria dan wanita).

Kapten dan pelatih timnas negara tetangga, semisal Malaysia, kompak menjatuhkan pilihan utama pada Cristiano Ronaldo. Namun, Amri Yahyah (kapten) dan Ong Kim Swee (pelatih) berbeda pilihan untuk kategori pelatih terbaik. Amri menjatuhkan pilihan utama pada Jurgen Klopp sementara Kim Swee memilih Diego Simeone.

Kiatisuk Senamuang (pelatih timnas Thailand) dan kaptennya, Theerathon Bunmathan, juga sepakat memilih Cristiano Ronaldo jadi pilihan utama penerima penghargaan pemain terbaik.

Begitu pula dengan kebanyakkan kapten dan pelatih timnas di negara ASEAN yang memilih Cristiano Ronaldo. Hanya kapten timnas Filipina, Philip Younghusband, yang tercatat memilih Lionel Messi sebagai pilihan utama. Sang pelatih, Thomas Dooley, lebih suka memilih Toni Kroos.

Dari daftar, mayoritas negara di kawasan ASEAN yang tergabung dalam AFF ikut memilih dalam ajang penghargaan tahunan bergengsi ini. Selain Thailand dan Malaysia, turut pula Kamboja, Vietnam, Laos, Myanmar, Filipina, dan Singapura.

Menariknya, dalam daftar yang diunggah FIFA dalam situs resminya, tidak tercantum pilihan Boaz Solossa (kapten Timnas Indonesia) dan Alfred Riedl (pelatih Timnas Indonesia). 

Dalam daftar bagian negara anggota FIFA yang berawal dengan huruf "I", yang tercantum hanyalah Islandia, India, Iran, Israel, dan Italia. Tidak ada nama "Indonesia". 

Hal ini tentu menimbulkan tanda tanya. Apakah kesalahan terjadi di FIFA, yang lalai mencantumkan pilihan wakil Indonesia, atau memang Boaz Solossa dan Alfred Riedl tidak menggunakan hak pilihnya secara sengaja atau tidak disengaja. 

Selain Indonesia, negara ASEAN lain yang tidak tercantum ikut memilih adalah Brunei Darussalam dan Timor Leste. 

 

Video Populer

Foto Populer